Mengenal Pemrograman Web

Mengenal Pemrograman Web
Mengenal Pemrograman Web
sumber gambar dari sini 

Pemrograman Web
     Web sebagai salah satu sumber informasi yang banyak digunakan saat ini. Peranan web sebagai media penyimpanan informasi harus tampil lebih interaktif sehingga pemakai dapat berinteraksi dengan penyedia informasi dengan mudah dan cepat. Untuk menampilkan web yang interaktif dan dinamis diperlukan web programming. Untuk membangun web yang interaktif dan dinamis, seorang web programmer membutuhkan penguasaan terhadap program pembangun web interaktif seperti PHP, ASP, Go, JavaSript, Perl, JSP, dan lain-lain.

Perbedaan Pemrograman Web Dan Pemrograman Dekstop
      Perbedaan - perbedaan mendasar yang membedakan anatara pemrograman web dengan pemrograman dekstop, yaitu :

1. Stateless
      Dengan arsitektur yang cenderung bebas, maka sebuah aplikasi web hampir tidak memiliki bartasan bagi para penggunanya. Sebagai contoh adalah penggunaan browser yang mampu melakukan proses multi tab  ataupun multi window, akibatnya, tidak ada batasan bagi seseorang pengguna melakukan proses yang sama dalam window atau tab browser yang berbeda.

2. Multi Platform
      Sebuah aplikasi web harus mampu dijalankan dalam sebuah browser di lintas platform atau sistem operasi. Sebuah aplikasi web ASP .NET yang dibangun disistem operasi Windows, sebagai contoh, juga harus mampu dijalankan di browser sistem operasi lain, misalnya di sebuah distro Linux.

3. Navigtaion Sentris
      Diandingkan dengan aplikasi dekstop yang lebih menekankan kepada step by step sentris, misalnya penggunaan menu yang telah diatur sedemikian rupa urutannya, aplikasi web lebih ke arah navigation sentris. Hal ini secara umum akan membebaskan pengguna untuk mengerjakan sebuah proses tanpa harus melalui prosedur semsestinya. Sebagai contoh adalah proses logout yang juga dapat dilakukan dengan menutup aplikasi browser.

4.Based on Page
     Dengan konsep ini, maka sebuah palikasi web juga mengandalkan nilai estetika selain niai dari proses yang dilakukan itu sendiri. Berbeda dengan aplikasi dekstop yang lebih banyak menafikan desain dari aplikasi itu sendiri, maka aplikasi web juga bergantung pada keindahan desaindemi mendukung proses yang ada didalamnya.

5.Just Browser
     Secara umum, sebuah aplikasi web hanya membutuhkan sebuah browser tanpa perlu instalasi runtime ataupun aplikasi lain. Meski banyak pula aplikasi web yang membutuhkan plug-ins tertentu dalam browser, seperti Flash Player ataupun media player, tetapi hampir tiap browser yang ada telah memiliki fasilitas yang sama.

6.Less Secure
     Salah satu hal yang menjadi isu klasik dalam pemrograman web adalah masalah keamanan yang lebih rentan dibanding apliasi dekstop. Terlebih lagi jika aplikasi web tersebut digunakan oleh pengguna secara jamak di internet. Pihak pengguna yang bisa jadi sangat banyak dengan berbagai tujuan, baik ataupun buruk, lebih sulit dideteksi dibandingkan dengan penggunaan di aplikasi dekstop.

Pentingnya Pemrograman Web
     1. Pemrograman web memungkinkan kita dapat membuat halaman web yang dinamis dengan perintah-perintah yang cukup sederhana tapi dapat menghasilkan informasi yang beragam dan bisa diakses semua orang di seluruh dunia.
     2. Pemrograman web dapat melakukan interaksi sehingga pengguna dapat memperoleh informasi yang sesuai/relevan seperti pencarian, pengiriman data.
     3. Pemrograman web dapat dihubungkan dengan berbagaimacam basis/database seperti MySQL, Oracle, SQL Server dan lain-lain.

Arsitektur Client Server Dari Perspektif Web
     Aplikasi web adalah jenis aplikasi yang mengunakan arsitektur client-server. Program client terhubung pada sebuah server untuk informasi yang dibutuhkan untuk melengkapi tugas-tugas yang sudah dibuat oleh user. Program client (browser) hanya sebuah interface yang digunakan user untuk melaksanakan tugas-tugas. Logika yang menentukan aliran program dan eksekusi berada pada server.

Client Side Scripting vs Server Side Scripting
      Pada client side : proses dilakukan pada sisi client ( browser), script programnya dapat dilihat hanya dengan menggunakan view sourrce. Script tergantung pada browser, bila browser tidak mendukung script maka hasil tidak akan terlihat.
       Pada server side : proses dilakukan pada sisi server, tidak tergantung pada brwser, script programnya tidak dapat dilihat, dengan memilih menu view source maka yang tampak hanyalah tag-tag HTML biasa, sehingga lebih aman dan dapat melakukan konektifitas dengan database, dapat juga memanipulasi data hanya melalui browser.