Jenis Jenis Bahasa Dalam DBMS dan Tugas DBMS

Jenis Jenis Bahasa Dalam DBMS dan Tugas DBMS
Jenis Jenis Bahasa Dalam DBMS dan Tugas DBMS

DBMS (Database Management systems) adalah kumpulan program yang mengkoordinasikan semua kegiatan yang berhubungan dengan basis data.  Dengan adanya berbagai tingkatan pandangan dalam suatu basis data maka untuk mengakomodasikan masing-masing pengguna dalam piranti lunak manajemen basis data biasanya terdapat bahasa-bahasa tertentu yang disebut Data Sub language.
Data sub language adalah subset bahasa yang dipakai untuk operasi manajemen basis data. Dalam penggunaan biasanya dapat ditempelkan (embedded) pada bahasa tuan rumah (Cobol, PL/1, dsb). Secara umum maka setiap pengguna basis data memerlukan bahasa yang dipakai sesuai tugas dan fungsinya.

Dalam basis data secara umum dikenal 2 data sub language :

  1. Data Definition Language (DDL) . Bahasa yang digunakan dalam mendefinisikan struktur atau kerangka dari basis data, di dalamnya termasuk record, elemen data, kunci elemen, dan relasinya.
  2. Data Manipulation Language (DML).Bahasa yang digunakan untuk menjabarkan pemrosesan dari basis data, fasilitas ini diperlukan untuk memasukkan, mengambil, mengubah data. DML dipakai untuk operasi terhadap isi basis data 
Ada 2 jenis DML : 
  1.  Procedural DML.Digunakan untuk mendefinisikan data yang diolah dan perintah yang akan dilaksanakan.
  2. Non Procedural . Digunakan untuk menjabarkan data yang diinginkan tanpa menyebutkan bagaimana cara pengambilannya. 
Secara khusus pengguna menggunakan berbagai bahasa : Programmer aplikasi menggunakan bahasa-bahasa seperti Cobol, Informix, dll (host language) yang ditempelkan dengan bahasa yang dipakai dalam DBMS. Pemakai terminal menggunakan bahasa Query (misal SQL) atau menggunakan program aplikasi (yang dirancang oleh programmer). Sedangkan DBA lebih banyak menggunakan bahasa DDL dan DML yang tersedia dalam DBMS.  

DBMS mempunyai tugas untuk menangani semua bentuk akses kepada basis data, secara konsep : 
  1. Pengguna menyatakan permintaan akses menggunakan DBMS 
  2. DBMS menangkap dan menginterpretasikan 
  3. DBMS mencari : eksternal / conceptual mapping ,conceptual schema  ,konseptual / internal mapping ,internal schema.
  4. DBMS melaksanakan operasi yang diminta terhadap basis data tersimpan.  Proses 1 s/d 4 dapat dilakukan secara interactive atau dicompile dulu.