Konsep Dasar Bahasa Pemrograman Python

Konsep Dasar Bahasa Pemrograman Python
Konsep Dasar Bahasa Pemrograman Python

Bahasa pemrograman python adalah bahasa pemrograman yang termasuk kelas high level language atau bahasa tingkat tinggi. Bahasa pemrogramanan ini sangat populer dan untuk pembelajraannya bisa dikatakan mudah untuk dipelajari. Pertama kali di implementasikan oleh Guido Van Rossum di CWI Amsetrdam pada tahun 1989.Nama Python diambil dari kecintaan Guido pada acara televisi Monthy Python s Flying Circus. Sisi utama yang membedakan Python dengan bahasa pemrograman lain adalah dalam hal aturan penulisan program. Adanya aturan indentasi, tipe data, tuple, dan dictionary merupakan ciri khas dari bahasa pemrograman ini. Python memiliki banyak keunggulan diantaranya multi platform, sederhana , mudah dibaca, berperan sebagai interpreter, mendukung banyak modul, multi paradigma,dll.

Konsep dasar Python :
  1. Indentasi , adalah memisahkan antar blok program dengan susunan indentasi. Sub-sub program tersebut diletakan satu atau lebih spasi dari kolom suatu blok program. 
  2. Variabel , adalah sebuah nama yang menampung nilai .Ketentuan menulis variabel dalam python seperti berikut : Penulisan variabel harus diawali dengan huruf untuk karakter selanjutnya dapat berupa angka atau huruf lagi, berisifaf case sensitive, tidak boleh dipisahkan oleh spasi, untuk variabel dengan lebih dua kata bisa menggunakan strip bawah (_), tidak boleh menggunakan kata kunci.
  3. Kata Kunci, kata kunci adalah kata yang di gunakan untuk aturan struktur dalam python.
  4. Ekspresi, adalah kombinasi dari nilai nilai variabel dengan operator.
  5. Mode penulisan dalam python di bagi menjadi dua yaitu interaktif dan script. Mode interaktif digunakan untuk penulisan dengan proses per statement, disarakan untuk program yang kompleks atau panjang untuk menggunakan mode script. 
















Baca Juga : Mengenal Basis Data