Pengertian , Keuntungan, Dan Istilah-Istilah Model Data Relasional

Pengertian , Keuntungan, Dan Istilah-Istilah Model Data Relasional
Pengertian , Keuntungan, Dan Istilah-Istilah Model Data Relasional

Pengertian Basis Data Relasional 

Pada model relasional, basis data akan “disebar”  atau dipilah-pilah ke dalam berbagai tabel dua dimensi. Setiap tabel selalu terdiri atas lajur mendatar yang disebut baris data (row / record) dan lajur vertikal yang biasa disebut dengan kolom (column / field).

Contoh Tabel dan keterhubungannya :

Keuntungan Basis Data Relasional 

1. Bentuknya sederhana 
2. Mudah melakukan berbagai operasi data 


Istilah dalam Basis Data Relasional :

Relasi  
Relasi merupakan sebuah tabel yang terdiri dari beberapa kolom dan beberapa baris. Relasi menunjukkan adanya hubungan diantara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Entitas merupakan individu yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dengan yang lainnya.

Atribut 
Atribut merupakan kolom pada sebuah relasi. Setiap entitas pasti memiliki aribut yang mendeskripsikan karakter dari entitas tersebut. Penentuan atau pemilihan atribut-atribut yang relevan bagi sebuah entitas merupakan hal penting dalam pembentukan model data.

Tuple 
Tuple merupakan baris pada sebuah relasi atau kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entitas secara lengkap. Satu record mewakili satu data atau informasi tentang seseorang, misalnya : NPM, nama mahasiswa, alamat, kota, dll.
Model

Domain  
Kumpulan nilai yang valid untuk satu atau lebih atribut

Derajat (degree) 
Jumlah atribut dalam sebuah relasi

Cardinality 
Jumlah tupel dalam sebuah relasi