10 Software Edit Video Ringan Terbaik Untuk PC atau Laptop

10 Software Edit Video Ringan Terbaik Untuk PC atau Laptop
10 Software Edit Video Ringan Terbaik Untuk PC atau Laptop

Mengedit video adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh orang yang berkecimbung dengan produksi video, baik film ataupun konten lain yang berhubungan dengan video visual ini. Banyak profesi yang menuntut kemahiran dalam melakukan edit video, dari kalangan profesional sampai pengeditan yang dilakukan pemula sekalipun.

Kebutuhan software sangat berpengaruh dalam tercpitanya sebuah karya yang bagus dari video .Bukan hanya skill yang harus dimiliki, ketepatan dalam memilih software mana yang akan digunakan sebagai senjata utama dalam mengedit video ini harus sangat diperhatikan. Jangan sembarangan dalam memilih software edit video, karena kualitas software akan sangat mempengaruhi kualitas dari hasil karya anda.

BACA JUGA : 5 Situs Live Streaming Tv Online Indonesia Terbaik

Banyak pemula yang baru akan terjun ke dunia editing video ini merasa bingung perihal software mana yang harus dipilih ,kebutuhan PC yang powerfull juga harus dipertimbangkan. Terkadang seseorang memilih sofware yang harus di jalankan pada PC berkemampuan kuat tetapi apa daya PC yang mereka miliki tidak sesuai dengan spesifikasi yang menunjang penggunaan software tersebut, sehingga software tidak bisa berjalan dengan seharusnya. Jangan khawatir karena kali ini kami akan merekomendasikan kepada anda Software Edit Video Ringan Terbaik yang ada sekarang ini yang bisa anda gunakan di PC spesifikasi Low End sekalipun. Simak penjelasannya berikut ini :


1.AVS Video Editor

Software yang pertama kami rekomendasikan adalah AVS Video Editor. AVS Video Editor adalah software editing video ringan yang hanya berukuran sekitar 137 Mb. Dengan ukuran yang ringan anda tidak usah khawatir ketika akan menginstalnya di PC atau Laptop dengan spesifikasi rendah. Tetapi jangan salah meskipun ukurannya ringan software ini memiliki fitur yang sangat lengkap. Seperti fitur memotong, menyisipkan, memisahkan video, memberi teks dan memberi audio. Salah satu kelebihan dari software ini adalah Video Cache dimana user dapat dengan mudah mengatur video resoulusi Full HD dengan lancar. Selain itu software ini memiliki fitur transisi yang banyak pilihannya sehingga menambahkan krewatifitas pengguna.

2.Virtual Dub

Virtual Dub adalah software editing video yang ringan dan dapat dijalankan hanya di sitem operasi Windows. Memiliki tampilan simple akan memudahkan anda dalam melakukan editing video. Software yang berlisensi di bawah GNU (General Public Lisensi) ini memiliki fitur utama seperti memotong dan membersihkan video sebelum di ekspor ke media penyimpanan. Fitur lain dalam Virtual Dub adalah mengganti dan menambahkan audio. Kemudian Virtual Dub ini juga dapat digunakan untuk melakukan perekaman sebuah video .


3. Corel Video Studio

Corel Video Studio memang tergolong software yang berkapasitas medium tidak berat tidak juga ringan. Software yang diproduksi oleh perusahaan besar yang mungkin sudah banyak orang yang mengetahuinya yaitu Corel. Corel Video Studio memiliki keunggulan di sektor Interface , memiliki tampilan yang simple dapat menambah kenyamanan pengguna dalam memahami setiap tool yang ada dan mereka gunakan untuk edit video . Memiliki fitur yang lengkap bisa dikatakan software ini termasuk software yang canggih.

4. Windows Movie Maker

Seperti namanya Windows Movie Maker hanya dapat digunakan pada PC atau Laptop dengan sitem opersi Windows. Windows Movie Maker di rilis oleh Windows yang bertujuan untuk para penggunanya yang hobi dan suka dalam membuat karya berupa video yang bagus dan keren. Software ini sangat cocok digunakan untuk pemula. Fitur dasar untuk mengedit video sudah tersematkan di software ini, jadi bagi anda pemula yang baru akan menggeluti dunia editing video Windows Movie Maker ini akan memberikan kenyamanan anda dalam mengasah skill anda.

5. Avidemux

Mungkin software Avidemux ini kurang begitu familiar namanya di telinga kita.Tetapi jangan salah Avidemux ini juga termasuk software yang sangat direkomendasikan untuk pemula. Berukuran ringan dengan tampilan yang simple menjadi kelebihan dari Avidemux ini. Memiliki fitur yang lengkap seperti filter dan memiliki format video yang beraneka ragam dapat anda temukan di Avidemux ini. Software ini juga dapat anda dapatkan secara free atau gratis.

6. Camtasia

Keunggulan  pertama dari Camtasia ini adalah dapat dijalankan di sistem operasi windows dan juga mac. Seperti software editing video lainnya , Camtasia ini juga tergolong software yang memiliki fitur yang sudah sangat lengkap. Camtasia sangat cocok digunakan untuk pemula ataupun kalangan profesional sekalipun.

7. Pinnacle Studio

Software editing video kali ini juga tidak kalah dengan software lainnya. Pinnacle studio dapat anda dapatkan secara gratis. Pinnacle studio ini sangat cocok untuk digunakan untuk anda yang baru di dunia editing video. Dengan kelengkapan fitur yang ada anda dapat terus meningkatkan level skill editing anda dengan software ini.

8.HitFilm Express

Seperti Camtasia, HitFilm Express ini juga tidak hanya dapat anda jalankan untuk windows saja tetapi pengguna mac juga dapat menikmati software ini. HitFilm Express memiliki fitur yang lengkap , dan memiliki tampilan yang simple pula. 

9.Cyberlink PowerDirector

Seperti software lainnya Cyberlink PowerDirector juga memiliki fitur editing video yang lengkap. Dilengkapi dengan filter , transisi yang lengkap menjadikan software ini sangat cocok digunkan untuk anda yang ingin belajar editing video


10.VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor merupakan software gratis yang memiliki fitur yang kompleks. Memiliki fitur editing dasar yang lengkap seperti transisi, filter, audio dan fitur lainnya sudah dapat anda dapatkan di software ini.

Nahh itulah 10 Software Edit Video Ringan Terbaik Untuk PC atau Laptop yang dapat anda pilih, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mempertimbangkan software yang akan anda pilih. Terima kasih