3 Produk Apple yang Gagal dan Tidak Laku di Pasaran

3 Produk Apple yang Gagal dan Tidak Laku di Pasaran
3 Produk Apple yang Gagal dan Tidak Laku di Pasaran

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi yang sangat populer dengan setiap produk yang di keluarkannya. iMac, iPhone, dan iPad adalah sebagian produk terbaik yang dimiliki Apple. Inovasi dan keunikan yang ada disetiap produk Apple, menjadikan nama Apple meroket tinggi di dunia industri teknologi sampai sekarang ini.

Tetapi tahukan anda , ada beberapa produk Apple yang gagal dan tidak laku di pasaran ? Mari kita simak daftar produknya :

3. Apple III

Revolusi komputer selalu terjadi lewat kesuksesan Apple II , pihak Apple kembali mengeluarkan produk mereka pada tahun 1980 dengan nama Apple III. Dengan dibekali beberapa fitur inovatif seperti desain tanpa kipas dengan kapasitas penyimpanan 512 KB (yang pada saat itu merupakan komputer pertama dengan penyimpanan sebesar ini), Apple III diharapkan akan mendapatkan kesuksesan. Namun, setelah komputer tersebut di rilis pada musim gugur 1980 dan mulai di distribusikan ke pasar, Apple III tidak mendapatkan minat yang bagus dari para pengguna. Dengan harga yang mahal antara $3.495 - $4.995 dengan tanpa menyertakan kipas yang membuat suhu di komputer ini sangat panas yang sangat mempengaruhi performa dari Apple III ini. Banyak pengguna yang tidak nyaman dan tidak tertarik dengan hal tersebut. Apple III menjadi produk gagal pertama dari Apple dan menjadi kegagalan besar untuk perusahaan teknologi sebesar Apple.

2. Hockey Puck Mouse

Apple terkenal dengan desain dan estetika yang sangat bagus di setiap produknya. Ketika steve jobs memperkenalkan iMac pada tahun 1998 , maka iMac menjadi tren baru dari desain komputer pada masa itu. Desain yang menarik juga singgah ke produk mouse iMac besutan Apple. Steve Jobs mengatakan "itu merupakan mouse terbaik yang pernah dibuat" . Namun respon dari pengguna malah berbeda , mereka tidak menyukai desain bulat dari mouse tersebut. Kemudian mouse ini dikenal dengan sebutan Hockey Puck Mouse. Bentuknya yang bulat membuat tangan pengguna merasa tidak nyaman bahkan bisa menyebabkan kram. Mouse ini sama sekali tidak diminati pengguna dan bahkan penjualannya pun sangat sedikit (tidak laku).

1. eWorld

Ketika internet pertama kali tersedia untuk umum, popularitas layanan AOL sangat besar. Layanan AOL adalah layanan yang tidak hanya  menyediakan akses dial-up tetapi juga memandu pengguna tentang tata cara mengakses banyak fitur yang tersedia di internet. Pada saat itu Apple mengeluarkan eWorld untuk masuk ke wilayah AOL. Harga tinggi untuk layanan dial-up dan hanya tersedia untuk iMac (pengguna komputer pada saat itu 95% pengguna windows) membuat eWorld tidak laku di pasaran. Diluncurkan pada tahun 1994 ,eWorld telah tidak tersedia pada 1996 .


Bagaimana sudah tau kan sekarang, perlu kita sadari bahwa disetiap kesuksesan sebuah perusahaan pasti mereka pernah mengalami masa sulitnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Terima kasih