4 Teknologi yang Mengagumkan dan Terbaik di Masa Lalu - Wisnu Anggara

4 Teknologi yang Mengagumkan dan Terbaik di Masa Lalu - Wisnu Anggara
4 Teknologi yang Mengagumkan dan Terbaik di Masa Lalu - Wisnu Anggara
4 Teknologi yang Mengagumkan dan Terbaik di Masa Lalu - Wisnu Anggara


4 Teknologi yang Mengagumkan dan Terbaik di Masa Lalu - Wisnu Anggara.

Saat ini, kita suka menganggap diri kita berada di titik tertinggi dalam kemajuan teknologi manusia, dan tentu saja pada tingkat tertentu kita tampaknya telah melakukan lebih baik daripada di masa lalu  seperti metode transportasi ataupun seperti pesawat terbang. Namun, banyak teknologi yang saat ini ada telah ada pada masa lalu bahkan berasa semodern sekarang. Banyak teknologi yang digunakan di masa lalu sudah cukup efektif, namun hanya tampak primitif untuk kita sekarang ini, karena mereka dirancang untuk memenuhi fungsi mereka semata tanpa menampilkan sesuatu di layar (digital), atau menggunakan listrik sebagai daya. Manusia modern yakin bahwa sesuatu bukanlah teknologi yang cukup maju jika tidak memiliki fitur semacam itu. Padahal di masa lalu telah banyak teknologi yang mengagumkan , berikut daftarnya :

BACA JUGA : Top 10 Fakta Menakutkan dari Teknologi Kecerdasan Buatan, MENGERIKAN !

4. "Baghdad Battery" Ditemukan Di Reruntuhan Kuno Irak

"Baterai Baghdad" ditemukan di reruntuhan yang dulunya adalah Irak Kuno, dan sangat diperdebatkan di dunia arkeologi. Penemuan itu berupa bejana keramik dengan tabung tembaga dan batang besi. Terlepas dari kenyataan bahwa para ahli independen seperti Mythbusters telah membuktikan bahwa dengan solusi elektrolitik, itu akan menjadi baterai, beberapa arkeolog masih keras kepala dan berpendapat bahwa pasti yang ditemukan hanya gulungan atau sesuatu lainnya, mungkin karena jika menerima bahwa ada baterai yang tergeletak di sekitar akan menghancurkan banyak konsepsi yang mereka miliki tentang sejarah daerah tersebut.

Sekarang, jika itu baterai, pertanyaan yang lebih besar adalah digunakan untuk apa baterai itu.Mungkin itu digunakan untuk elektroplating emas ke logam lain, tetapi semua ahli yang telah melihat pada logam percaya bahwa penyepuhan api sederhana sebenarnya sudah digunakan disitu. Karena tidak adanya bukti apa pun yang dapat digunakan, itu telah berspekulasi bahwa itu dimaksudkan untuk beberapa jenis elektroterapi atau aplikasi medis lainnya. Sayangnya, sulit untuk mengetahui  jawabannya, karena tidak dinemukan apa pun yang ditulis tentang masalah tersebut. Sementara beberapa arkeolog skeptis terhadap penemuan seperti ini, karena kurangnya bukti fisik penggunaan luas listrik, faktanya adalah bahwa dasar-dasar pembuatan listrik adalah logam, dan ini adalah salah satu hal pertama yang dijarah.

3. Beberapa Budaya Kuno Memiliki bangunan Penyejuk Udara seperti AC 

Hari ini kita suka berpikir tentang diri kita sendiri di puncak teknologi modern sekarang ini, dan salah satu prestasi teknologi terbesar kita adalah penyejuk udara, penemuan yang begitu modern, dan bisa dibilang buruk bagi lingkungan. Namun, banyak dari kita tidak bisa hidup tanpanya. Sementara sebagian dari kita menggelengkan kepala kita diam-diam dan bertanya-tanya tentang waktu ketika tidak ada AC.

BACA JUGA : Top 9 Prestasi Ilmiah Terbesar dan Terbaik Dekade Terakhir

Orang Romawi Kuno memaksa air dari sistem saluran air (sumber air) melalui pipa di rumah mereka, dan membuat rumah tetap sejuk dan terisolasi sepanjang tahun. Banyak struktur di bagian terpanas Timur Tengah telah lama menggunakan bentuk spiral yang menciptakan efek angin dingin, dan banyak budaya telah memanfaatkan kesejukan mengalir di bawah tanah, dan menciptakan rumah, atau bahkan seluruh kota yang sebagian di bawah tanah, dalam rangka untuk mendinginkan diri secara efisien. Ada juga strategi mengejutkan yang banyak orang tidak pikirkan. Mungkin tampak aneh melihat orang-orang di padang pasir mengenakan jubah penuh, dan mungkin tampak mereka hanya terbiasa dengan panas, tetapi ada alasan bagus untuk itu. Pakaian-pakaian ini telah terbukti secara ilmiah untuk menciptakan efek pendinginan dari cara mereka menggantungkan dan mengalir di sekitar tubuh. Melepas baju Anda sebenarnya hanya memaparkan Anda langsung ke panas, dan membuat Anda lebih cepat berkeringat di dalam tubuh.

2. Balon Udara Digunakan Untuk Mengirim Pesan Di Tiongkok Kuno

Saat ini, balon udara masih sangat populer, dan merupakan cara baru yang digunakan untuk melayang-layang di langit.  Namun, jauh sebelum mereka bereksperimen sebagai sarana untuk mencoba melintasi seluruh dunia, mereka digunakan untuk mengirim pesan.

Kembali pada masa awal Cina Kuno, mereka menggunakan balon udara panas kecil yang dimaksudkan bukan untuk membawa orang , tetapi untuk mengirim pesan. Dengan mengirimkan balon udara panas mini ke langit, "lentera langit" yang menyala akan menandakan kepada orang lain bahwa bantuan diperlukan atau dipahami sebagai komando militer atau sejenisnya.

1. Mengeksploitasi Kepadatan Udara Untuk Menciptakan "Lemari Pendingin" 

Lemari es, dan freezer yang menyertainya, dianggap oleh sebagian besar menjadi salah satu penemuan yang paling modern yang tersedia. Saat ini kita menggunakan banyak listrik sebagai dayanya, dan masih membutuhkan bahan kimia seperti freon yang sangat buruk bagi lingkungan, kembali pada masa lalu, metode jauh lebih sederhana. Orang Romawi akan membuat freezer bawah tanah dengan pengiriman di salju dari pegunungan, mengemasnya di tanah, dan kemudian mengemas lapisan kotoran di atas untuk mengisolasi salju di sekitarnya. Kemudian di ruang bawah tanah yang mereka buat, mereka bisa menyimpan makanan.
Bagi mereka yang tidak memiliki akses ke metode yang cukup rumit ini, kebanyakan orang hanya memanfaatkan fakta bahwa udara dingin jauh lebih padat daripada udara panas. Atau seperti kata pepatah, “udara panas naik dan udara dingin jatuh.”. Kebanyakan orang tidak dapat mempertahankan suhu freezer yang konsisten, tergantung pada wilayahnya, tetapi paling tidak setidaknya dapat mengelola sesuatu yang mendekati suhu kulkas yang konsisten.