Apa itu software open source ? ini penjelasannya

Apa itu software open source ?  ini penjelasannya
Apa itu software open source ?  ini penjelasannya

Software Open Source

Membahas mengenai Software Open Source , Anda mungkin pernah mendengar tentang hal tersebut , tetapi mungkin tidak sepenuhnya memahami apa itu dan mengapa itu ada. Artikel ini akan menjelaskan fenomena terbaru ini dan menjelaskan beberapa manfaatnya.

Apa itu software Open Source ?

Singkatnya, perangkat lunak open source adalah perangkat lunak yang dibuat oleh semua orang - untuk semua orang. Harapan di balik pengembangannya adalah bahwa melalui akses terbuka, itu akan berkembang menjadi sesuatu yang mewakili keinginan sebenarnya dari pengguna komputer. Melalui jaringan luas keterlibatan pengguna, perangkat lunak yang ada akan ditingkatkan sesuai kebutuhan pengguna



Biasanya, perangkat lunak dikembangkan dengan sifat private. Sebuah tim coders profesional akan membangun dan mengembangkannya berbeda dengan perangkat lunak open source yang dikembangkan kebanyakan oleh komunitas-komunitas tertentu. Perbedaan lainnya adalah software yang tidak open source memiliki harga yang mahal . Berbeda dengan perangkat lunak open source yang dapat Anda dapatkan secara gratis. gratis untuk diunduh, gratis untuk dipasang, gratis digunakan, gratis untuk dimodifikasi, dan gratis untuk dibagikan.

Sejarah Open Source

Dimulai lebih dari dua puluh tahun yang lalu, ini adalah fenomena yang mendapatkan popularitas dan eksposur. Dalam konsepsi pertamanya, open source melahirkan World Wide Web seperti yang kita kenal sekarang. Internet secara keseluruhan adalah hasil dari izin gratis untuk mengakses web, menggunakan web, berkontribusi ke web, dan berbagi web dengan orang lain. Tapi itu tidak berhenti di situ. Di masa lalu yang tidak terlalu jauh, Netscape mengubah versi web browser Navigatornya yang dulu pernah menjadi open source. Dan hari ini, open source juga merambah ke dunia komersial.



Manfaat Software Open Source

Ide open source mungkin terdengar gila  bagi mereka yang mencari nafkah dari pengembangan perangkat lunak. Tetapi fakta menunjukkan kenyataan yang berbeda. Perangkat lunak open source menempatkan perusahaan dalam posisi yang luar biasa untuk memposisikan kembali diri mereka di pasar yang mungkin belum dapat mereka capai sebelumnya. Dalam dunia bisnis, open source adalah tentang citra dan ketika konsumen menyaksikan perusahaan berkontribusi (bukan menjual) ke publik pembelian, mereka mendapatkan dukungan besar di mata para pengguna  (ditambah peluang luar biasa untuk menjual barang-barang lainnya).

Mengundang publik di dalam pengembangan produk membangun komunitas dan kepercayaan. Ini juga menetapkan platform untuk meningkatkan keandalan. Penggemar program open source bersikeras tentang perangkat lunak yang dapat diandalkan dan sangat mengkritik versi komersial karena rawan kesalahan. Penggemar Avid bahkan menyatakan komersialisme adalah penyebab perangkat lunak yang berkualitas jelek.

Manfaat lain yang berkaitan dengan open source adalah kecepatan di mana produknya dikembangkan, ditingkatkan, didukung dan didistribusikan. Ini karena orang-orang yang secara teratur berkontribusi pada produk sumber terbuka ini.

Sebagai pengguna perangkat lunak, ini berarti Anda dapat berkontribusi untuk proyek sumber terbuka juga, dan membantu mengembangkannya menjadi produk yang mencerminkan preferensi langsung Anda. Anda tidak akan "terjebak" ketika menggunakan perangkat lunak open source seperti Anda  terjebak menggunakan pengolah kata atau basis data yang mahal. Anda memiliki akses yang sama ke perangkat lunak sumber terbuka seperti yang dimiliki programmernya dan pada intinya, Anda adalah pelanggan Anda sendiri!



Mungkin pada titik ini Anda bertanya-tanya di mana Anda bisa masuk dalam kesempatan luar biasa ini. Ada banyak peluang open source yang tersebar di Internet dan mereka dapat dengan mudah ditemukan.