Cara Membuat Artikel 100% SEO untuk Blog

Cara Membuat Artikel 100% SEO untuk Blog
Cara Membuat Artikel 100% SEO untuk Blog


Menulis adalah kewajiban seorang pemilik website/blog. Menulis artikel untuk sebuah blog tidak dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas dari artikel yang anda tulis. Kualitas dari artikel apakah SEO friendly atau tidak sangat harus diketahui si penulis.

Dengan tujuan artikel kita berada di halaman pertama mesin pencarian Google maka kita harus memaksimalkan SEO yang ada pada artikel kita. Nahh pada postingan kali  ini kita akan membahas mengenai Cara Membuat Artikel 100% SEO untuk blog, mari kita simak :

BACA JUGA : Yang Harus Dilakukan Setelah Custom Domain Blogspot ke TLD

1. Riset Kata Kunci (Keyword)

Membuat artikel harus mempertimbangkan kata kunci mana yang akan kita targetkan. Nahh dalam memilih kata kunci mana yang akan kita pilih kita harus melakukan riset kata kunci tersebut terlebih dahulu, supaya kata kunci yang akan kita ambil hasinya maksimal dan membuat artikel kita nongkrong di page one mesin pencarian Google. Berikut beberapa cara yang bisa anda tiru dalam melakukan riset kata kunci, memang sebenarnya ada banyak cara atau metode dalam riset ini, kali ini kita ambil satu metode saja yaitu melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Ubersugest, berikut caranya :
1. Pikirkan matang-matang kata kunci apa yang akan kita pilih (misal : "flashdisk rusak").
2. Kemudian masuk ke web Ubersugest 
3. Masukan kata kunci ("flashdisk rusak") pada kolom yang tersedia , pilih negara Indonesia dan klik Look Up
4. Tunggu sampai prosesnya selesai.
5. Disitu akan muncul hasil dari risetnya 
6. Urutkan berdasarkan Volume dari terbesar ke terkecil.
7. Nahh perhatikan 5 urutan paling atas dari riset kata kunci tadi kita mendapatkan "Flashdisk", "Cara Memperbaiki" , "Flashdisk tidak terbaca", "Cara format flashdisk", "Cara mengembalikan File yang terhapus di Flashdisk".

2. Membuat Judul Yang Sesuai

Setelah kita melakukkan riset kata kunci tadi dengan menggunakan Ubersugest , sekarang kita akan membuat judul yang sesuai dengan artikel yang akan kita buat. Perhatikan dari 5 hasil riset kata kunci tadi, buat judul yang kira-kira mengandung 5 kata kunci tadi , misal kita disini "Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca dan Tidak Bisa di Format". Nahh kurang lebih seperti itu.

3. Membuat Kerangka Artikel

Dalam membuat kerangka artikel kita masih membutuhkan hasil dari riset kata kunci tadi .
Buatlah artikel dengan pembahasan menyangkut ke 5 kata kunci tadi, supaya kita dapat memaksimalkan kemungkinan visitor dalam mengetikan kata kunci tadi. Caranya misal tadi kita dapat kata kuni teratas "Flashdisk" maka jadikan Flashdisk menjadi pembahasan kita pertama , taruh misal pengertian flashdisk di paragraph pertama, kemudian kata kunci kedua "Cara Memperbaiki" ,buat pembahsan mengenai cara memperbaiki flashdisk di paragraph kedua, kemudian "Flashdisk Tidak Terbaca" buat pembahasan yang menyangkut kata kunci tadi misal penyebab flashdisk tidak terbaca pada paragraph ke 3,begitu pula dengan kata kunci berikutnya , bahas yang bersangkutan dan taruh di paragraph berikutnya.

BACA JUGA : Mastimon.com Refrensi Situs Untuk Belajar Ngeblog (Bloging).

Selain cara diatas anda dapa juga membuat kerangka artikel dengan memanfaatkan 5 web teratas yang berada pada page one pencarian Google, hasilnya dapat anda lihat tadi di bagian Keyword Overview di Ubersugest. Nahh dari 5 situs tersebut anda baca , dan ambil poin-poin pentingnya dan taruh pada artikel anda dengan gaya bahasa anda sendiri (tidak copy paste).v

4. Memaksimalkan Gambar 

Setelah kita memiliki kerangka artikel sekarang tugas anda adalah memasukan gambar yang sesuai dengan artikel yang anda tulis, silahkan gunakan gambar dari sumber yang bebas lisensi yang tidak mengandung Copyright. Anda dapat mengunjungi Pixabay untuk mengammbil gambar yang sesuai dan silahkan anda download. Kemudian anda compress gambar tadi supaya ukurannya tidak terlalu besar, anda dapat melakukannya disini  untuk gambar berformat .png , dan untuk yang berformat .jpg dapat disini. Kemudian anda download, dan rename gambar anda dengan nama sesuai artikel yang anda buat.

Taruh gambar sesuai keinginan anda dimana saja, kemudian ubah ukuran gambar ke Original Size dan silahkan tambahkan atribut "alt" pada gambar anda dengan edit HTMLnya. Tambahkan sesuai dengan artikel yang anda bahas misal "alt ='Flashdisk Rusak'".

5.  Menambahkan Internal Link Yang Relevan 

Langkah selanjutnya adalah menambahkan beberapa internal link yang relevan dalam arti yang sesuai dengan artikel anda. Tambahkan internal link 3-4 buah saja ,jangan terlalu banyak.

6. Tambahkan Label yang Sesuai

Tambahkan label pada setelan entri artikel anda , dengan label yang sesuai dengan arsitektur website anda . Misal menggunakan label SEO, atau Tutorial, dll

BACA JUGA : 9 Criptocurrency Alternatif Terbaik Selain Bitcoin

7. Tambahkan deskripsi

Setelahkita menulis artikel , memasukan gambar, menambahkan label, selanjutnya tugas kita adalah menambahkan deskripsi dari artikel yang anda buat. Ini bertujuan supaya Google lebih mudah dalam merayapi artikel yang kita buat. Dalam menambahkan deskripsi anda dapat menggunakan 2 paragraph utama pada artikel yang anda buat dan copy pada kolom deskripsi penelusuran di setelean entri artikel anda.

8. Memaksimalkan Tauta Permanen (URL) artikel

Pada bagian setelan entri dan tautan permanen silahkan anda pilih tautan permanen khusus, dan sesuaikan dengan judul artikel yang anda buat, dianjurkan semua kata dalam judul ada di URL tersebut.

9. Share artikel Ke Google+ 

Nah setelah semuanya selesai yang harus anda lakukan selanjutnya adalah melakukan promosi artikel anda dengan mengshare artikel anda ke Google+.

10. Submit artikel anda di Fetch As Google

Setelah melakukan promosi artikel anda juga harus melakukan submit artikel anda di Fetch As Google ini bertujuan supaya artikel anda mudah dan cepat untuk ke Index Google. Caranya anda silahkan kunjungi Search Console Google dan pilih Fetch As dan masukan URL blog anda


Bagaimana cukup mudah kan menulis artikel blog yang SEO , semoga artikel ini beranfaat dan menambah semangat anda dalam menulis artikel. Terima Kasih