Cara Membuat Formulir Online dengan Google Form Mudah dan Cepat

Cara Membuat Formulir Online dengan Google Form Mudah dan Cepat
Cara Membuat Formulir Online dengan Google Form Mudah dan Cepat

Banyak media yang dapat kita gunakan untuk membuat formulir, dari membuat dengan manual menggunakan kertas atau offline sampai menggunakan formulir online. Dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, banyak situs web yang menyediakan pembuatan formulir online yang dapat sobat gunakan secara gratis.

Nah, pada postingan kali ini kita akan membahas satu pembahasan yang menurut saya sangat menarik untuk kita bahas bersama. Di zaman perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang berkembang sekarang ini kebanyakan orang menggunakan formulir online untuk tugas atau pekerjaan mereka.

Formulir pendaftaran, survey, dan kuesioner sering banyak digunakan untuk mendapatkan data dalam sebuah penelitian. Sekarang ini sobat tidak perlu bingung lagi memikirkan mengenai bagaimana sobat membuat formulir online, karena Google sendiri sudah menyediakan fasilitas untuk sobat gunakan dalam masalah tersebut, fasilitas itu dinamakan Google Form.

Google form sangat populer sekarang ini , sobat pasti sering menemukan status atau chat orang lain yang menyebarkan link tautan menuju Form Google miliknya dan sobat diminta untuk mengisi formulis, survey, ataupun kuesioner yang telah dibuat si pemilik.

Lalu gimana sih  cara membuat Google form ini, tak usah khawatir karena Wisnu Anggara kali ini akan membahas mengenai Cara membuat formulit online dengan Google Form dengan mudah dan cepat. Baik mari kita simak penjelasannya.


1. Masuk ke web Google Form

Hal yang pertama harus dilakukan sobat adalah masuk ke web Google Form, sobat dapat mengaksesnya di link berikut
Masuk ke web Google Form

2. Pilih Template

Pilihlah template yang sesuai dengan tujuan sobat, misal ketika sobat hendak membuat formulir pendaftaran maka pilihlah template yang relevan dengan formulir yang hendak dibuat. Sobat dapat menemukan berbagai katagori dari template seperti Pribadi, Informasi Kontak, Kantor, dan Pendidikan. Di berbagai kategori tersebut banyak pilihan templatenya. Saya sarankan untuk menggunakan template yang semenarik mungkin.
Pilih Template

3. Mengedit Template Semenarik Mungkin

Supaya para pengisi formulir sobat merasa nyaman , maka buatlah template semenarik mungkin dengan cara mengeditnya. Banyak pilihan ketika sobat mengedit templatenya, misal mengubah gambar header, merubah warna tema, merubah latar belakang, dan merubah gaya font. Sesuiakan dengan keinginan sobat dan buat semenarik mungkin
Mengedit Template Semenarik Mungkin

4. Tambahkan Komponen yang dibutuhkan

Sobat juga dapat menambahkan komponen yang dapat membantu dan berguna dalam formulir sobat. Jika dirasa komponen bawaan kurang memenuhi kriteria dari formulir , sobat dapat menambahkannya lagi, misal menambahkan pertanyaan, menambahkan judul dan deskripsi, menambahkan gambar , menambbahkan video, dan menambahkan bagian pada formulir sobat.
Tambahkan Komponen yang dibutuhkan

5. Sesuaikan Isi Formulir sesuai keinginan sobat

Ajukanlah pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan tujuan formulir sobat. Buatlah pertanyaan sejelas mungkin saya sarankan jangan terlalu panjang. Kemudian masukanlah opsi-opsi yang sesuai pada pertanyaan dengan beberapa jawaban.
Sesuaikan Isi Formulir sesuai keinginan sobat

6. Kirim Formulir

Jika sudah selesai membuat form ,langkah terakhir adalah mengirim formulir yang telah sobat buat tadi, ada beberapa opsi yang dapat sobat pilih dalam mengirimkan formulir ini, seperti : mengirimkan langsung lewat email, mengirimkan dengan menggunakan link tautan, menyematkan formulir pada HTML untuk ditampilkan sebagai frame, atau sobat dapat mengirimkan dengan membagikan melalui media sosial seperti Google+ , Facebook, atau Twitter
Kirim Formulir

Nah gimana cukup mudah kan sobat ?, semoga artikel ini dapat membantu sobat semua yang hendak membuat formulir online, dan dapat bermafaat untuk semua.