Cara Memeperbaiki Sinyal Hp Hilang, 100% Ampuh

Cara Memeperbaiki Sinyal Hp Hilang, 100% Ampuh
Cara Memeperbaiki Sinyal Hp Hilang, 100% Ampuh
Memperbaiki Sinyal Hilang

Cara Memeperbaiki Sinyal Hp Hilang, 100% Ampuh- Kelancaran dalam komunikasi telah menjadi hak yang harus dimiliki oleh setiap orang. Perkembangan teknologi telah menjadikan komunikasi sangat mudah untuk dilakukan. Tidak mengenal tempat dan kapan saja kita dapat berkomunikasi dengan orang lain melauli media apa saja.

Sinyal merupakan pendukung utama yang mempengaruhi kelancaran dalam berkomunikasi. Dengan sinyal yang kuat maka komunikasi akan lebih lancar tanpa gangguan seperti lag atau putus-putus ketika berkomunikasi. Banyak jenis komunikasi yang dapat kita lakukan dengan orang lain sekarang ini seperti komunikasi suara (call) dan Video call. Handphone adalah device paling efektif untuk digunakan dalam hal ini. Bentuk yang kecil dan dapat dibawa kemana saja membuat kenyamanaan pengguna komunikasi bertambah.

BACA JUGA : Aplikasi Sosial Media Terbaik yang Wajib di Instal di 2018

Banyak provider yang telah mendukung untuk terciptanya jaringan komunikasi yang dapat dinikamati oleh semua orang dengan nyaman dan lancar. Beberapa raksasa provider yang ada di indonesia seperti XL, Indosat, Telkomsel dan provider lainnya . Tetapi adakalanya kita mengalami sesuatu diluar kendali provider. Seperti yang paling mungkin sering kita rasakan adalah sinyal yang melemah atau bahkan hilang pada suatu keadaan dan tempat tertentu.

Sebelum kita membahas mengenai cara memperbaiki sinyal hp yang tiba-tiba hilang, kita akan bahas terlebih dahulu kemungkinan pennyebab yang dapat membuat sinyal hilang :


1. Tempat Tidak Terajngkau Sinyal

Penyebab pertama yang mungkin terjadi adalah ketika anda berada di suatu tempat yang memang sinyal handphone benar-benar tidak dapat di deteksi . Ada beberapa daerah yang mungkin masih belum masuk ke area yang mendapatkan sinyal. Untuk mengecek area atau daerah mana saja yang mungkin belum dapat menikmati sinyal yang bagus anda dapat mengunjungi situs coverage area yang dimiliki masing-masing provider , contohnya XL anda dapat melihatnya disini

2. Kerusakan pada kartu SIM 

Hal lain yang mungkin menjadi penyebab hilangnya sinyal hp adalah kerusakan pada komponen kartu SIM. Pastikan terlebih dahulu kartu SIM anda dalam keadaan normal dan dapat digunakan seperti seharusnya. Anda dapat melihat barangkali ada komponen yang copot dari kartu SIM tersebut, atau anda dapat membersihkan kartu SIM .


3. Kerusakan pada Hardware HP

Kerusakan beberapa komponen pada hp mungki saja terjadi . Pastikan hardware yang berhubungan sinyal dalam keadaan baik. Pastikan setiap komponen ada. Anda dapat melihat tutorial-tutorial di youtube bila terdapat kerusakan yang dapat anda deteksi.

4. Terjadi gangguan dengan provider atau operatornya

Seringkali beberapa provider mengalami gangguan yang tidak terduga yang berhubungan dengan kelancaran pendistribusian sinyal. Banyak kesalahan yang mungkin saja terjadi. Seperti Human Error ataupun kesalahan teknis lainnya.

5. Terjadinya Pemadaman Listrik

Pemadaman Listrik menjadi salah satu pengaruh bagi kualitas sinyal hp. Pasti anda pernah mengalami ketika keadaan listrik padam maka sinyal hp juga akan ikut ikutan hilang.

6. Cuaca

Nahh untuk yang satu ini mungkin sudah sangat disadari oleh banyak orang. Tidak perlu dipungkiri lagi bahwa cuaca juga sangat berpengaruh pada kualitas sinyal. Misalnya ketika hujan dan setelah hujan akan terlihat kualitas sinyal yang berbeda.

Setelah kita mengetahui penyebab-penyebab dari hilangnya sinyal , sekarang kita akan membahas mengenai cara memperbaiki sinyal yang hilang tersebut. Simak penjelasannya seperti berikut :

1. Pilih Kartu SIM (provider) yang tepat

Hal yang pertama harus dilakukan adalah memilih kartu SIM yang tepat. Beberapa provider memiliki kualitas pelayanan yang berbeda beda. Pastikan anda memilih provider yang memiliki cakupan pembagian sinyal terluas dengan kualitas sinyal yang bagus. Perhatikan juga daerah anda apakah masuk kedalam coverage area dari provider tersebut atau tidak.

2. Memilih jenis jaringan yang tepat.

Banyak jenis jaringan yang ada sekarang ini, seperti 2G, EDGE, 3G, H+, 4G (LTE) . Terkadang ada beberapa daerah yang telah mendapat semua kualitas dari jenis jaringan tersebut secara merata, tetapi ada juga yang tidak, misal daerah tersebut mendapat jaringan  seperti 2G dan 3G tetapi tidak memiliki 4G, maka ketika anda  memilih jaringan 4G pada pengaturan hp anda maka anda tidak akan mendapatkan sinyalnya atau hilang.

3. Cari Sinyal Secara Manual

Untuk mencari sinyal secara manual cukup mudah dilakukan,caranya anda tinggal masuk ke setting hp anda kemudian pilih Jaringan Seluler Kemudian pilih operator jaringan dan pilih telusuri jaringan secara manual. Cara ini akan efektif mengatasi masalah sinyal yang hilang yang mungkin tidak dapat dideteksi oleh penelusuran jaringan secara otomstis pada hp anda.

Bagaimana cukup mudah kan solusinya, semoga solusi ini dapat bermanfaat dan komunikasi yang anda lakukan berjalan dengan lncar tanpa kendala gangguan sinyal. Terima kasih