Cara Menganalisa Persaingan Kata Kunci (Keyword) Supaya Masuk Halaman Pertama Google

Cara Menganalisa Persaingan Kata Kunci (Keyword) Supaya Masuk Halaman Pertama Google
Cara Menganalisa Persaingan Kata Kunci (Keyword) Supaya Masuk Halaman Pertama Google
Cara Menganalisa Persaingan Kata Kunci (Keyword) Supaya Masuk Halaman Pertama Google

Ketika sobat hendak menulis sebuah artikel atau konten untuk blog sobat ,pernahkah dalam benak sobat berpikir, apakah artikel yang sobat tulis akan masuk di halaman pertama google ? Saya rasa semua publisher atau pemilik blog pernah memikirkan hal tersebut.

Melakukan riset kata kunci melalui berbagai tool seperti Google Keyword Planner , Ubersugest, ataupun tool lainnya pasti pernah sobat lakukan. Tetapi selain melakukan kata kunci dengan baik ada beberapa tips lain yang dapat sobat lakukan untuk memantapkan artikel sobat di halaman pertama google.

BACA JUGA : Cara Membuat Artikel 100% SEO untuk Blog

Nahh pada postingan kali ini saya hendak berbagi pengalaman saya yang moga saja bermanfaat bagi sobat semua. Disini saya akan berbagi cara saya ketika menganalisa kompetitor ,dalam persaingan untuk mendapatkan tahta di halaman pertama google dengan artikel yang hendak sobat tulis :

Berikut saya jelaskan beberapa caranya , mari kita simak :


1. Ada berapa situs yang memiliki kata kunci pada judul artikel ?

Ketika sobat hendak menargetkan suatu kata kunci yang sudah sobat bidik, dan yakin dengan kata kunci tersebut, hal yang harus sobat perhatikan adalah menganalisa persaingan pada halaman pertama google dengan kata kunci tersebut. Misal kata kunci yang hendak sobat targetkan adalah "laptop gaming" maka ketikan kata kunci itu pada kolom pencarian google dan sobat lihat hasilnya . Perhatikan daftar situs yang dapat nongkrong di halaman pertama. Kemudian perhatikan ada berapa situs yang memiliki kata kunci pada judul artikelnya . Menurut pengalaman saya ketika jumlahnya antara 1-5 atau kurang dari 5, maka kata kunci yang sobat bidik masih memiliki potensi masuk ke halaman pertama , jika jumlah situs yang memiliki kata kunci pada judul artikelnya lebih dari 5 saya sarankan jangan pilih kata kunci tadi yang hendak sobat bidik.

2. Ada berapa situs yang memiliki kata kunci pada judul URL ?

Sama seperti cara no 1 diatas, cara ini juga dilakukan dengan menganalisa pada situs-situs yang dapat menduduki halaman pertama google. Silahkan sobat lihat situs-situs tersebut dan perhatikan ada berapa situs yang URL nya terdapat kata kunci. Seperti tadi saya sarankan jika jumlahnya antara 1-5 situs silahkan sobat ambil kata kunci tersebut untuk sobat jadikan artikel. Jika lebih dari 5 situs yang memiliki kata kunci pada URL , saya sarankan jangan mengambil kata kunci itu. Karena URL yang teroptimasi dengan memasukan kata kunci sangat baik di mata google, secara logika kalau sudah ada banyak situs yang menerapkannya tadi dan berhasil masuk ke halaman pertama,maka kecil kemungkinan untuk kita menggesernya.

3. Ada berapa situs yang memiliki kata kunci pada judul deskripsinya ?

Pernah tidak sobat perhatikan ketika sobat hendak mencari sebuah artikel atau postingan , dan sobat melihat daftar situs yang berhasil berada dihalaman pertama , mereka telah mengoptimasi deskripsinya . Dengan apa ? dengan memasukan kata kunci pada deskripsi artikel yang mereka buat. Biasanya ditandai dengan huruf tebal ketika sobat melihatnya langsung pada daftar hasil halaman pertama. Lalu bagaimana sobat menganalisa persaingan dengan memperhatikan kata kunci pada deskripsi. Hampir mirip dengan cara lainnya diatas, saya sarankan ketika sobat menemukan situs dengan kata kunci pada deskripsinya dan jumlah situsnya antara 1-5 saya sarankan sobat untuk mengambil kata kunci yang hendak sobat bidik itu , dan jika jumlahnya lebih dari 5 saya sarankan jangan mengambil kata kunci tersebut.

4. Ada berapa situs yang memiliki PA (Page Authority) diatas 20  ?

Apa sih PA itu ? PA atau page authority adalah nilai untuk popularitas sebuah halaman situs web. Apa pengaruhnya terhadap artikel untuk dapat menduduki halaman pertama google? biasanya situs yang telah memiliki PA diatas 20 maka akan lebih mudah untuk masuk ke halaman pertama. Lalu bagaimana cara sobat menganalisa persaingan dengan mempertimbangkan nilai PA ini. Silahkan sobat perhatikan situs-situs yang berhasil berada di halaman pertama google dengan kata kunci yang hendak sobat buat, perhatikan ada berapa situs yang memiliki nilai PA diatas 20 ? Gimana caranya, caranya adalah dengan menggunakan tool yang dapat memberikan informasi nilai PA suatu situs, seperti yang saya sarankan disini adalah dengan menggunakan MOZBAR , ekstensi chrome ini dapat sobat miliki dengan gratis. Silahkan sobat instal dan aktifkan kemudian lihat dihalaman pertama google pada bagian dibawah situs biasanya ada informasi nilai PA situs tersebut. Jika banyak situs yang memiliki PA lebih dari 20 pada halaman pertama tadi maka saya sarankan jangan ambil kata kunci tersebut, jika hanya sedikit situ yang memiliki nilai PA yang diatas 20 saya sarankan ambil kata kunci itu.


Nahh dapat disimpulkan sebenarnya menganalisa persaingan dalam menentukan kata kunci untuk sebuah artikel tidaklah sulit, dari uraian diatas juga dapat anda gunakan dalam mengoptimasi SEO anda ketika menulis artikel, misalnya memasukan kata kunci pada judul, memasukan kata kunci pada URL, memasukan kata kunci pada deskripsi artikel, dan yang terakhir memiliki PA diatas 20 . Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi sobat semua dan menjadikan semangat sobat dalam menulis artikel lebih giat.