Top 9 Prestasi Ilmiah Terbesar dan Terbaik Dekade Terakhir

Top 9 Prestasi Ilmiah Terbesar dan Terbaik Dekade Terakhir
Top 9 Prestasi Ilmiah Terbesar dan Terbaik Dekade Terakhir
Top 9 Prestasi Ilmiah Terbesar dan Terbaik Dekade Terakhir

Banyak yang telah terjadi di dunia sains dalam 10 tahun terakhir. Dari air di Mars, manipulasi memori ke hal gila yang disebut "materi gelap," semua yang ada di daftar ini, membuktikan bahwa kemajuan sains sudahlah sangat hebat. Tapi tahukan anda ada 10 Prestasi ilmiah terbaik dalam 1 dekade terakhir ini, berikut daftarnya :

BACA JUGA : 10 Inovasi Terbaik untuk Masa Depan Ilmu Digital Forensik

9. Pemrograman Ulang Sel Tubuh

Sel batang adalah sel yang sangat unik. Sel batang sama seperti sel lain di tubuh anda, mereka memiliki kemampuan bawaan untuk berubah menjadi sel apa pun yang mereka sesuka hati. Ini berarti mereka dapat berubah menjadi, misalnya, sel darah merah jika itu yang tidak dimiliki tubuh anda saat ini. Atau sel darah putih, atau sel otot, atau sel lainnya. Ini cukup keren, tapi kita sudah tahu tentang sel batang ini sejak 1981. Apa yang tidak kita ketahui hingga 2006, adalah setiap sel di tubuh anda dapat diprogram ulang dan berubah menjadi sel induk. Dan itu sangat mudah dilakukan juga. Seorang pria bernama Shinya Yamanaka adalah yang pertama melakukannya dengan menambahkan empat gen spesifik ke dalam sel kulit. Dalam dua hingga tiga minggu, sel kulit itu adalah sel induk yang kemudian bisa berubah menjadi jenis sel lain yang ditemukan di tubuh kita. Ini adalah masalah besar untuk pengobatan regeneratif, karena ini adalah sumber tunggal yang dapat menyediakan sel yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan yang dilakukan pada tubuh anda oleh penyakit.

8. Lubang Hitam Terbesar Yang Pernah Ditemukan

Pada tahun 2009, sebuah tim astronom mulai mengukur massa lubang hitam yang baru-baru ini ditemukan, dijuluki S5 0014 + 81. Sedikit yang mereka tahu bahwa ternyata lubang itu akan berubah menjadi lebih dari 10.000 kali lebih besar dari lubang hitam supermasif di pusat Jalan MIlky, menjadikannya lubang hitam terbesar yang dikenal manusia sejauh ini. Lubang hitam ultramodul ini setara dengan 40 miliar solar massa  jika anda mengambil mata anda dan melipatgandakannya dengan 40.000.000.000, itu kira-kira massa lubang hitam tunggal ini. Apa yang membuatnya bahkan lebih luar biasa adalah bahwa ia terbentuk relatif awal dalam sejarah alam semesta, hanya 1,6 miliar tahun setelah big bang. Oleh karena itu, ini menunjukkan bahwa lubang hitam sebesar ini tumbuh sangat cepat.

7. Manipulasi Memory

Yang satu ini tentu terdengar seperti sesuatu yang direnggut dari Inception. Pada 2014, ilmuwan Steve Ramirez dan Xu Liu membuat kenangan negatif di otak tikus,kemudian dilihat oleh tikus sebagai positif, dan sebaliknya. Mereka menanamkan protein peka cahaya ke tikus . Sekarang, peristiwa negatif yang dialami tikus diingat dengan pengalaman menyenangkan, sementara peristiwa positif diingat sebagai pengalaman yang mengerikan. Ini telah membuka bentuk baru perawatan potensial bagi mereka yang menderita PTSD atau perasaan sedih yang mendalam karena kehilangan orang yang dicintai. Ini bisa menjadi penemuan yang sangat berguna dalam waktu dekat.

BACA JUGA : 9 Criptocurrency Alternatif Terbaik Selain Bitcoin

6. Chip Komputer Yang Meniru Otak Manusia

Meskipun ini dianggap tidak mungkin, tapi ternyata nyata. IBM merilis chip komputer yang bekerja sama dengan otak manusia pada tahun 2014. Berisi 5,4 miliar transistor dan mengkonsumsi daya 10.000 kali lebih sedikit daripada chip komputer konvensional, SyNAPSE bekerja dengan mensimulasikan sinapsis yang ditemukan di otak anda. 256 juta jumlahnya. Ini dapat diprogram untuk melakukan apa pun yang diinginkan pengguna, membuatnya sangat berguna dalam superkomputer dan sensor terdistribusi. SynaPSE tidak terbatas dalam hal kinerja, berkat desainnya yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan komputer mainstream. Chip ini didorong oleh peristiwa, sehingga hanya menyala saat diperlukan, menghemat daya dan menurunkan suhu. Teknologi revolusioner ini dapat secara serius mengubah industri komputasi menjadi lebih baik di tahun-tahun mendatang.

5. Keberadaan Materi Gelap

Materi gelap adalah bentuk materi yang sebagian besar tidak teridentifikasi yang menjelaskan banyak skenario astronomi yang aneh. Katakanlah ada galaksi dengan massa seribu planet di dalamnya. Ketika kita menambahkan massa semua planet ini dan membandingkannya dengan cara planet dan galaksi secara keseluruhan bergerak, itu tidak bertambah. Mereka bergerak dengan cara yang hanya berarti ada jauh lebih banyak hal daripada apa yang bisa kita lihat, maka namanya "materi gelap." Pada tahun 2009, beberapa laboratorium AS mengumumkan mereka telah menangkap materi gelap pada sensor di dalam tambang bijih besi setengah mil di bawah tanah. Dua partikel telah terdeteksi menunjukkan semua karakteristik materi gelap yang dicurigai. Penelitian sedang dilakukan untuk mengecek ulang bahwa pembacaannya akurat, tetapi semua tanda menunjuk pada partikel-partikel ini sebagai materi gelap. Ini bisa menjadi salah satu penemuan paling signifikan dalam fisika pada abad yang lalu.

4. Apakah Ada Kehidupan di Mars?

Pada tahun 2015, NASA merilis gambar yang menunjukkan panjang, garis-garis gelap di permukaan planet merah  Ini adalah bukti kuat bahwa air cair ada di Mars hari ini. Ini membuka pemikiran kita untuk mempertanyakan "Kehidupan di Mars" yang terkenal, karena air cair umumnya tampaknya menghasilkan kehadiran kehidupan. Kehadiran air juga akan sangat membantu ketika kita akhirnya pergi ke misi berawak ke Mars di sekitar 2024 nanti, karena astronot dapat menggunakan lebih sedikit sumber daya jika mereka bisa dapat menggunakan sumber daya yang sudah ada di permukaan Mars.

3. Roket Yang Dapat Diperbaharui

SpaceX, perusahaan eksplorasi ruang angkasa swasta yang dimiliki oleh pengusaha miliarder Elon Musk, telah berhasil beberapa kali mendaratkan roket yang dikendalikan dari jarak jauh di tengah lautan. Ini sangat sukses sehingga sekarang dianggap sebagai bagian normal dari misi SpaceX's . Ini menghemat miliaran dolar perusahaan dalam roket, karena mereka dapat diperbaharui, mengisi bahan bakar, dan digunakan kembali , membawa kita beberapa langkah lebih dekat ke Mars.

2. Gelombang Gravitasi

Gelombang gravitasi adalah struktur ruang-waktu yang bergerak dengan kecepatan cahaya. Hal ini diprediksi oleh Albert Einstein dalam Teori Relativitas Umum, yang menyatakan bahwa kurva massa ruang-waktu. Hal-hal seperti lubang hitam yang bergabung mengirimkan gelombang gravitasi yang, pada tahun 2016, dideteksi oleh berbagai alat laser LIGO ketika melewati Bumi, mengkonfirmasi prediksi Einstein yang dibuat 100 tahun sebelumnya. Ini adalah peristiwa yang sangat penting di bidang astronomi karena terbukti sebagian besar teori Einstein tentang relativitas umum benar, memungkinkan kita untuk sekarang bergantung pada peralatan seperti LIGO untuk mendeteksi peristiwa kosmik skala besar di masa mendatang.

BACA JUGA : 3 Produk Apple yang Gagal dan Tidak Laku di Pasaran

1. Trappist-1

TRAPPIST-1 adalah nama yang diberikan kepada sistem bintang sekitar 39 tahun cahaya dari tata surya kita. Jadi, apa yang membuatnya istimewa? Sebenarnya, tidak banyak. Selain memiliki bintang 12 kali lebih kecil dari matahari kita, dengan setidaknya tujuh planet yang mengorbit di sekitarnya tiga di antaranya berada di dalam zona layak huni yang berpotensi memiliki kehidupan. Ini adalah kesepakatan besar. 39 tahun cahaya relatif dekat, dan tiga planet seukuran Bumi di zona layak huni adalah kesempatan terbaik yang kami dapat untuk menemukan kehidupan di luar Bumi sejauh ini. Ketujuh planet yang ditemukan sejauh ini bisa memiliki air cair ,kehidupan ,tetapi ini merupakan kemungkinan besar dengan ketiganya di zona layak huni. Bahkan mungkin jika ada kehidupan, kita bisa mendeteksinya dan memastikannya dari sini di Bumi.