10 Jenis Bidang Pekerjaan yang Populer di Dunia IT

10 Jenis Bidang Pekerjaan yang Populer di Dunia IT
10 Jenis Bidang Pekerjaan yang Populer di Dunia IT
10 Jenis Bidang Pekerjaan yang Populer di Dunia IT

Buat kamu yang sedang kuliah khususnya di bidang IT, kira-kira pernah kepikiran enggak saat sudah lulus mau kerja dibidang apa? Pastinya dengan berbekal ilmu sarjana Informatika kamu ingin kerja yang sesuai dengan gelar sarjana kamu dong. Karena ada begitu banyak bidang pekerjaan yang berlatar belakang IT yang bisa kamu ambil, maka dengan syarat kamu harus memiliki salah satu dari  masing-masing skill tersebut.

Untuk menjadi seseorang yang bisa bersaing di dunia IT, pastinya kamu harus memiliki beberapa kemampuan yang harus kamu persiapkan, salah satunya adalah; minimal kamu harus tau apa saja pekerjaan yang berlatar belakang IT agar siap untuk menghadapi dunia kerja. Berikut ini beberapa bidang yang populer tersebut:

1. Web Developer

Web Developer

Sekarang ini menjadi seorang web developer merupakan pekerjaan yang diminati banyak orang, karena lapangan pekerjaan yang masih luas serta upah tawaran gaji yang menarik membuat banyak orang ingin menjadi web developer. Tapi tahukah kamu apa saja yang sebenernya dilakukan untuk menjadi web developer? Pada umumnya web develepor mempunyai 3 bagian atau divisi penting, yaitu Frontend developer, Backend developer dan terakhir Fullstack developer.

Frontend Developer adalah mereka yang membangun tampilan atau mendesain antar muka suatu web, misalnya apa yang kamu lihat dalam sebuah halaman web itu merupakan hasil kerja dari sang frontend developer. Untuk bisa menjadi frontend developer kamu harus menguasai bagaimana menggunakan HTML, CSS dan Javascript. Dan kamu juga harus paham bagaimana menggunakan berbagai framework dari CSS seperti Bootstrap atau Javascript seperti Vue.js, React.js, dan Angular.js. Jika kamu bisa menguasai semuanya ini tentunya dapat membantu pekerjaanmu sebagai frontEnd.

Backend Developer merupakan kebalikannya dari frontend mereka adalah orang-orang yang membuat apa yang akan kita masukan di layar chat dapat terkirim ke akun tujuan, menyimpan data akun misal biodata, intinya yang bertugas dalam menangani kebutuhan dari sisi server dan proses pengolahan data di database. Untuk bisa menjadi backend developer kamu harus menguasai bagaimana menggunakan PHP, Python, dan Node.js. And last..

Fulstack developer ini merupakan mereka yang mempunyai keahlian di keduanya bisa mengerjakan apa yang frontend/sisi user dan backend/sisi server butuhkan secara bersamaan. Tentu tahu menjadi seorang fullstack developer tidaklah mudah dikarenakan kamu di tuntut untuk menguasai semuanya.biasanya gaji yang diterima staff web developer rata rata 5 juta per bulan.

BACA JUGA : Aplikasi Android Penghasil Uang Terbaik Bikin Hari-Harimu Menguntungkan

2. Membuat Aplikasi Mobile

Membuat Aplikasi Mobile

Menjadi seorang Mobile Apps Developer merupakan pilihan tepat untuk memulai skill kamu, karena perkembangan di era smartphone yang sedang meningkat pesat, maka itu dibutuhkan orang yang mempunyai skill untuk mengembangkan aplikasi di smartphone kita. Aplikasi pada umumnya yang digunakan ialah pada sistem Operasi Android dan iOS melalui Native (aplikasi yang di build dengan bahasa pemrograman khusus/spesifik untuk platform tertentu). Misalnya yang sedang populer yaitu bahasa pemrograman Objective-C dan Swift untuk platform iOS dan bahasa pemrograman java atau Kotlin untuk platform Android. Menurut data gaji yang diterima Mobile Development rata-rata 8 juta per bulan.

3. Game Developer dan Game Desain 

Game Developer dan Game Desain

Game, siapa sih yang tidak menyukai game? media hiburan yang satu ini cukup ampuh dalam mengatasi jenuh atau stress. bahkan bisa dikatakan bahwa semua orang pastinya pernah bermain game apalagi game-game yang sedang populer sekarang ini. maka dari itu, ini merupakan pekerjaan yang menarik jika kamu ingin bekerja dalam industri Game. Untuk mengasah kemampuan kamu, berikut ini tools pengembangan game dan bahasa pemrogramannya;
Game berbasis 3D yang dibangun dengan Unity menggunakan bahasa pemrograman Javascript dan C#, Unreal menggunakan bahasa pemrograman C++, dan Panda 3D menggunakan Python dan C++.  
Sedangkan untuk yang tertarik dengan 2D, kamu bisa belajar menggunakan game engine seperti Game Maker studio 2 yang menggunakan drag and drop interface, RenPy menggunakan bahasa pemrograman seperti Pyhton, Unity dan ink menggunakan C# dan HTML.

Enggak cuma membuat game saja kamu juga bisa mencoba menjadi game desainer yang membangun rancangan aturan game tersebut. Game desain disini kamu tidak dituntut untuk berurusan pada proses pembuatan visual dari game maupun code didalam game. Tetapi peran kamu ialah membuat aturan dari sisi karakter game tersebut beserta deskripsi lingkungannya, serta objektif di tujuan dari game tersebut, bahkan menjadi mekanik alur flow permainan dari game hingga rancangan tiap level game.
Seorang desain game mempunyai tanggung jawab yang sangatlah besar karena dia adalah (GDD) Game Design Document orang yang harus merancang dokumen suatu game tersebut. Di Indonesia menurut data Gaji rata-rata seorang pembuat game dan mendesain game adalah 3 juta hingga 6 juta.

BACA JUGA: 10 Software Edit Video Ringan Terbaik Untuk PC atau Laptop

4. DBA (Database Administration)

DBA (Database Administration)

Pekerjaan yang satu ini berurusan dengan database jika kamu menyukainya maka DBA sangatlah cocok untuk kamu. Karena di bidang ini kamu mempunyai tanggungjawab untuk mendefinisikan pola struktur database, struktur penyimpanan dan mengerti tentang metode akses, serta memberi hak akses tersebut kepada user untuk mengakses datanya.

Lalu apa yang harus kamu kuasai untuk melatih skill kamu di bidang ini? berikut beberapa DBMS  yang sesuai untuk kebutuhan seperti MS Acces, Oracle DBMS, SQL Server, Foxpro, dan Paradox. biasanya buat pemula gaji rata-rata DBA ialah 36 juta per tahun atau sekitar 3 juta per bulan.

5. Security Engineer

Security Engineer

Banyaknya perusahaan yang semakin besar maka masalah keamanan sangatlah penting dalam suatu perusahaan guna menjaga suatu perusahaan berjalan dengan baik. maka dari itu diperlukan orang-orang yang mempunyai handal di bidang keamanan baik network, system, maupun aplikasi. tugas seorang security umumnya melakukan beberapa hal seperti memperbarui security, mengkonfigurasi firewall, melakukan pentest, dan menjaga dari para hacker sehingga tidak terjadi serangan yang merugikan perusahaan.

Tentunya jika kamu ingin kerja yang berhubungan dengan keamanan sistem harus mempunyai skill, yaitu terbiasa mengoperasikan Linux, dan melakukan konfigurasi server. Tools yang bisa kamu gunakan ialah seperti Netsparker, Kali Linux, Acuntex, dan Wireshark.  Menurut data gaji rata-rata Security Engineer ialah 4 juta per bulan.

6. System Analyst

System Analyst

Jika kamu orangnya teliti atau sering-sering menganalisa suatu sistem mungkin ini bisa menjadi bidang yang cocok buat kamu, Analisis disini ia memiliki tanggungjawab atas kebutuhan user, menyusun solusi-solusi yang efektif, dan biasanya mengawal masa transisi penggunaan sistem. Karena sistem analis merupakan jembatan atau penghubung suatu perusahaan penjual perangkat lunak dengan organisasi-nya tempat ia bekerja, serta bertanggung jawab atas biaya pengembangan, rentang waktu dan usulan suatu desain produk tersebut.

BACA JUGA : 6 Teknologi Yang Akan Hilang Dalam 20 Tahun Kedepan

7. UI/UX Designer

UI/UX Designer

User Interface Design atau Desain Antarmuka Pengguna adalah bagaimana suatu website atau produk yang kita buat terlihat seperti apa yang kamu lihat. sedangkan UX designer adalah tahap untuk memastikan langkah-langkah berjalan secara logis dan jelas. Tujuan utama dari UI sendiri adalah untuk menampilkan interface terhadap user secara keseragaman yang  baik dari setiap warna, font, dan layout. Sementara itu UX proses dalam membuat produk yang efisien dan tidak membingungkan user atau pengguna. Biasanya seorang UI/UX designer harus terbiasa dalam memilih perpaduan warna yang friendly bagi user dan harus secara detail menampilkan hasil yang ingin di pasarkan  ke produksi mulai, dari, font, gambar, dan warna. Biasanya per bulan UI/IX fresh graduate mendapatkan gaji rata-rata 4 juta keatas.

8. Intruktur IT

Intruktur IT

Bagi kamu yang mudah dalam memberi ilmu kepada seseorang atau mudah dalam mengajar bisa saja menjadi Intruktur IT dengan latar belakang sarjana IT yang kamu miliki. mulai dari menjadi mentor, guru, dosen, dan Instruktur kursus. dalam menjadi instruktur paling tidak kamu harus mempunyai skill yang sesuai dengan apa yang akan kamu ajarkan. biasanya rata-rata buat instruktur bisa mendapatkan gaji sekitar 2.5 juta ke atas.

9. Hardware Engineer

Hardware Engineer

Ini merupakan pekerjaan yang di lakukan di Industri mikroprosesor dan Integrated Circuit yang melibatkan proses  pabrik atau penyusunan suatu mikroelektronika dan desain mikroposesor. tidak hanya Hardware Engineer ada yang namanya Hardware Programmer  yang merupakan programming dalam tingkat low level terhadap hardware, contohnya mikrokontroler, PLC, embeded sistem atau device lainnya.
Lalu skill apa saja yang harus kita kuasai dalam menjadi Hardware Engineer? dasarnya ialah menguasai arsitektur komputer dan cara kerja mikroprosesor / mikrokontroler, menguasai bahasa pemrograman mesin (Assembly) dan mengetahui prinsip kerja pararel dan serial suatu komunikasi data. Biasanya untuk fresh graduate Hardware Engineer  mendapatkan gaji 4.2 juta per bulan.

10. SEO Specialist

SEO Specialist

Search Engine Optimization biasa di singkat SEO ini merupakan bidang penyedia jasa yang cukup menarik dan populer. Penyedia jasa layanan ini bertanggung jawab untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke dalam sebuah website dengan teknik menempatkan halaman web menjadi posisi tertinggi pada hasil pencarian dari situs / search engine (SERP). Beberapa Tools yang biasa digunakan si Jasa SEO seperti Google Analytics, Copyspace, dan Google Search Console (GSC). biasanya kamu di biayar sekitar 2 juta per waktu 6 bulan untuk menaikkan website customer kamu.

BACA JUGA : Situs Penyedia Tool SEO Terbaik dan Terlengkap


Nahh itulah tadi beberapa pekerjaan yang dapat kamu geluti bagi kamu yang berminat mendalami dunia IT. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua mengenai dunia IT.