6 Tips Menghadapi Orang Tua yang Bercerai , Broken Home

6 Tips Menghadapi Orang Tua yang Bercerai , Broken Home
6 Tips Menghadapi Orang Tua yang Bercerai , Broken Home
6 Tips Menghadapi Orang Tua yang Bercerai , Broken Home

Lika liku dalam rumah tangga sangat beraneka ragam. Ada yang adem ayem, tentram sejahtera ada juga yang sering sekali cekcok satu sama lain. Tapi itu wajar selalu saja ada bumbu masalah dalam sebuah rumah tangga. Ketika permasalahan yang timbul kian banyak dan membesar dan sulit untuk ditemukan solusi atau tiitk terangnya, salah satu jalan yang mungkin banyak dilakukan oleh pelaku rumah tangga adalah dengan perceraian.

Perceraian mungkin dari sudut pandang orang banyak adalah sebuah kegagalan dalam membangun rumah tangga. Pernyataan tersebut seakan benar, namun tidak bisa dikatakan perkataan tersebut 100% benar, karena sesungguhnya pelaku perceraian juga tidak ingin mengalaminya, tetapi mungkin problem atau konflik yang semakin mengeruh , mau tidak mau harus dilakukan perceraian sebagai jalan keluarnya.

BACA JUGA : 4 Teknologi yang Mengagumkan dan Terbaik di Masa Lalu


Sepasang suami isteri memang pasti memiliki keogoisannya masing-masing, namun kembali lagi bahwa perceraian tidak murni kesalan dari kedua pelaku rumah tangga itu, tapi lebih ke problematika keluarga yang tidak bisa ditemukan solusi terbaiknya.

Ada salah satu subyek yang juga terkena imbas dari perceraian ini, itu adalah sang anak. Anak pasti akan mengalami masa-masa sulit, bagaimana tidak, keluarganya yang rukun dan senang melihat orang tuanya bersama, tapi tiba-tiba mereka harus berpisah, pasti suatu hal yang sangat menyedihkan. Tetapi memang mungkin sudah menjadi jalan sang maha kuasa, jadi bagi kalian yang mungkin mengalami hal seperti kasus ini, berikut ada 6 tips yang dapat sobat praktekan untuk menghadapi Orang Tua yang Bercerai atau sering disebut dengan Broken Home.

6 Tips Menghadapi Orang Tua yang Bercerai , Broken Home

1. Jangan pernah berpikir bahwa orang tua tidak pernah memikirkanmu

Jangan pernah berpikir bahwa orang tua tidak pernah memikirkanmu
Mungkin sobat yang orang tuanya bercerai, sobat mungkin pernah berpikir bagaimana bisa orang tua sobat melakukan perceraian ini, tanpa memikirkan diri sobat sendiri. Jangan pernah memikirkan hal semacam itu sob, karena pasti orang tua juga telah memikirkan dengan sangat matang sebelum mengambil jalan perceraian itu. Pasti orang tua selalu bimbang memikirkan sobat sebagai anaknya, orang tua pasti memiliki maksud terbaik untuk kebahagiaan anaknya. Lebih baik mana keluarga tetap jalan tetapi terus dilanda konflik dan membuat sobat tidak nyaman dengan kondisi tersebut, atau perceraian yang menjadi satu-satunya jalan terbaik untuk menghilangkan problem keluarga tersebut.

2. Jangan terlalu larut dalam rindu

 
Jangan terlalu larut dalam rindu

Mungkin selama beberapa bulan setelah perceraian orang tua, sobat merasa rindu dengan kebersamaan keluarga sobat dulu. Membiarkan diri sobat untuk selalu terlarut dalam rindu keutuhan keluarga sangat tidak baik, masa lalu yang kelam itu biarlah berlalu sob. Jalani kehidupan baru dengan hal positif dan penuh makna. Lakukan setiap kegiatan yang bermanfaat untuk diri sendiri ataupun orang lain. Terima kenyataan dengan lapang dada, dan selalu berprasangka baik kepada Allah SWT , bahwa disetiap cobaan yang dihadapi pasti memiliki hikmah terbaik yang dapat sobat petik.

3. Jauhi Hal Negatif

 
Jauhi Hal Negatif

Biasanya ini terjadi karena pikiran putus asa yang sangat begitu besar yang timbul dari diri sobat. Perceraian orang tua sangat membuat gairah hidup sobat menjadi hilang, hingga sobat memilih jalan negatif. Melakukan hal negatif sebagai pelampiasan dari perceraian orang tua sangatlah tidak berguna , yang ada malah sobat akan mengalami masalah baru yang pastinya akan semakin membuat hidup sobat semakin rumit. Jauhilah hal negatif , buatlah hidup sobat lebih bermakna. Buka lembaran yang baru di hidup sobat dengan selalu menunjukan hal positif kepada diri sendriri dan orang lain.

4. Sayangi Saudara

 
Sayangi Saudara

Walaupun tidak lagi memiliki keluarga yang utuh , sobat janglah bersifat egois ,dengan hanya memikirkan diri sendiri, tanpa memikirkan saudara sobat yang memiliki kesediahan yang sama akibat perceraian dari orang tua sobat. Sayangilah saudara sobat, buktikan bahwa Broken Home bukan berarti Broken Life , buatlah hidup semakin baik setiap harinya, selalu tebarkan hal positif.

5. Tetap Berbakti Kepada Orang Tua

 
Tetap Berbakti Kepada Orang Tua

Mungkin sobat marah dengan orang tua sobat, yang rela berpisah demi mempertahankan ego nya masing-masing. Sobat merasa kesal dan jengkel kepada mereka, membiarkan diri sobat terus-menerus terselut api emosi yang selalu timbul ketika teringat kesedihan itu. Jangalah sobat durhaka, karena pada hakikatnya mereka tetaplah orang tua sobat. Tetaplah berbakti kepada mereka, dan selalu buat mereka bangga. Bukan tidak mungkin ketika sobat sabar , rajin, dan selalu memberikan yang terbaik untuk mereka, mereka dapat kembali hidup bersama dengan keluarga yang utuh juga tentunya.

BACA JUGA :  6 Teknologi Yang Akan Hilang Dalam 20 Tahun Kedepan

6. Jadikanlah Pelajaran

Jadikanlah Pelajaran

 

Disuatu hari nanti sobat juga akan berkeluarga, jadikanlah kejadian perceraian yang terjadi pada orang tua sobat sebagai pelajaran untuk rumah tangga sobat kedepannya. Jadikanlah pengingat untuk selalu berbuat dan memberikan yang terbaik untuk rumah tangga sobat agar tidak terjadi hal-hal seperti konflik yang bisa berakibat perceraian.

BACA JUGA : Tips Menghindari Pengaruh Negatif Radiasi Komputer terhadap Mata Anda


Nahh itulah sob beberapa tips yang mungkin dapat sobat jadikan sebagai penambah wawasan sobat, dan semoga dapat membantu untuk sobat semua yang mohon maaf keluarganya telah tidak seutuh dulu, tetap semangat menjalani hidup sob dan selalu bersyukur setiap harinya .