Cara Compress Ukuran Foto Menjadi Kecil Tanpa Mengurangi Kualitas Foto

Cara Compress Ukuran Foto Menjadi Kecil Tanpa Mengurangi Kualitas Foto
Cara Compress Ukuran Foto Menjadi Kecil Tanpa Mengurangi Kualitas Foto
Cara Compress Ukuran Foto Menjadi Keci Tanpa Mengurangi Kualitas Foto

Foto adalah salah satu media terbaik untuk memberikan informasi lebih mengenai identitas sobat kepada orang lain. Foto selalu saja diperlukan sebagai pelengkap identitas diri sobat, misal di lingkungan pendidikan pasti sobat pernah dimintai foto untuk kelengkapan data pada nilai raport, di lingkungan pekerjaan, ketka sobat akan melamar sebuah pekerjaan pasti harus melampirkan foto diri sobat pada dokumen lamaran sobat.

Tapi pernahkah sobat melihat ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi ketika sobat hendak mengirim, mengupload, atau melampirkan foto sobat dalam bidang yang hendak sobat ikuti. Misal untuk pendaftaran kuliah , biasanya pada pengisian data calon mahasiswa diminta untuk mengupload foto, dengan suatu ketentuan tertentu misal "Foto berukuran maksimal 1Mb". Pasti sobat pernah melihatnya bukan ?. Nah lalu bagaimana jika foto yang sobat miliki size nya itu lebih besar dari yang ditentukan ? Jangan bingung sob, ada yang namanya Compress Foto.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Blue Screen Pada Laptop Dengan Cepat dan Mudah

Apa sih itu Compress Foto ?

Secara mudah Compress dapat diartikan mengecilkan, menekan, memadatkan, meringkaskan, menyingkatkan, atau mengepaskan. Yang berarti pada kasus ini adalah mengecilkan ukuran atau size dari suatu foto.

Compress Foto yang baik 

Lalu apa saja sih yang perlu di perhatikan sebelum melakukan compress foto. Salah satu hal terpenting ketika hendak melakukan proses compress foto adalah pastikan foto yang sobat compress tidak akan mengalami penurunan kualitas dari segala segi yang mendukung kualitas foto, seperti resolusi dan ketajaman foto. Jangan sampai karena sobat ingin mengcompress foto sampai ukuran sekecil mungkin tapi sobat malah mengabaikan kualitas dari foto, pada intinya boleh melakukan compress foto asal kualitas foto tetap bagus.

Tool yang bisa digunakan

Untuk sekarang ini sudah banyak tool yang sudah tersebar yang dapat sobat gunakan untuk kasus Compress foto ini bahkan sobat dapat menggunakan tool tersebut dengan gratis. Banyak software atau aplikasi android yang telah spesifik mengurus hal ini. Sobat bisa gunakan software edit foto seperi Photoshop atau bahkan tool bawaan windows yaitu Paint untuk sobat gunakan sebagai tool untuk mengcompess foto sobat.

Compresspng dan Compressjpeg

Tapi pada pembahasan kita kali ini, kita akan menggunakan tool online yang dapat sobat akses melalui web resminya. Disini kita menggunakan web Compresspng dan Compressjpeg sebagai tool untuk mengcompess foto sobat.

BACA JUGA : Cara Memeperbaiki Imei yang Hilang (Null) Pada Android dan Mengembalikannya dengan Mudah

Kelebihan compresspng dan compressjpeg

Kenapa harus Compresspng dan Compessjpeg, baik mari kita bahas kelebihan yang dapat sobat terima ketika melakukan compress foto pada situs web ini , berikut daftarnya :
  • Lebih cepat untuk diakses, sobat tidak perlu mendownload software atau apliasi tambahan terlebih dahulu untuk melakukan compress foto, hanya dengan mengunjungi situs webnya sobat sudah bisa melakukan proses compress.
  • Lebih mudah, sobat tidak perlu ribet memahami tool-tool yang ada seperti halnya ada pada software edit foto, pada situs web ini sobat hanya diminta memasukan foto sobat dan web akan otomatis melakukan proses compress pada foto sobat.
  • Kualitas tetap yang terbaik, nah inilah keunggulan dari situs web Compresspng dan Compressjpeg , situs ini menyediakan kualitas yang terbaik setelah proses compress sekalipun
  • Ukuran lebih sangat kecil, ketika sobat selesai melakukan compress dan mendownloadnya sobat bisa lihat foto awal dan foto setelah di compress, bandingkan keduanya.

Penggunaan Compresspng dan Compressjpeg

Setelah kita mengetahui kelebihan dari web yang satu ini, mari kita bahas mengenai penggunaan web ini, gimana sih kita melakukan proses compress pada web ini , baik mari kita bahas :
  1. Buka web browser sobat, misal pada laptop atau komputer bisa gunakan Chrome ataupun pada android juga bisa
  2. Kemudian masukan dan kunjungi situs web Compresspng dan Compressjpeg. Ketika sobat hendak melakukan compress untuk foto berformat .png sobat dapat mengunjungi Compresspng disini dan jika sobat akan melakukan compress foto pada foto dengan format .Jpg maka silahkan sobat mengunjungi Compressjpeg disini
    Buka Web Compresspng atau Compressjpeg
  3. Setelah masuk silahkan sobat klik pada bagian Upload Files dan pilih foto yang hendak sobat compress
    Upload Foto
  4. Setelah sobat upload maka web akan langsung memproses compress foto itu, dan tidak begitu lama sobat menunggu , foto sobat sudah tercompress 
    hasil compress
  5. Download hasil foto yang telah di compress tadi dan simpan di media penyimpanan sobat
  6. Selesai

Begitu mudah kan , jadi mulai sekarang sobat tidak usah bingung ketika hendak melakukan compress foto ,hanya dengan mengunjungi situs tersebut sobat sudah bisa melakukannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu sobat yang memiliki kasus sesuai pada artikel ini.