Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word Dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word Dengan Mudah dan Cepat
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word Dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word Dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word Dengan Mudah dan Cepat

Pembuatan sebuah karya tulis atau penulisan tidak lepas dari ketentuan struktur tulisan yang ada di dalamnya. Pengguaan teknologi berupa software pengolah kata juga berperan penting dalam terciptanya sebuah tulisan yang baik. Ms Word salah satunya.

Microsoft Office Word adalah program perangkat lunak komputer yang memiliki tugas pengolahan kata. Sobat pasti sudah sangat familiar dengan perangkat lunak yang satu ini, membantu dalam pembuatan tugas sekolah, tugas kuliah , ataupun pembuatan laporan dalam perusahaan.

BACA JUGA : Macam - Macam Software Microsoft Office Beserta Fungsi-Fungsinya


Kemudian dalam pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu yang mungkin sering sekali ditanyakan ,yaitu mengenai pembuatan Daftar isi menggunakan Ms Word dengan mudah dan cepat.

Walaupun sudah sangat sering kita gunakan setiap hari , dalam menggunakan program perangkat lunak Ms Word juga butuh edukasi, supaya dokumen yang kita buat tersusun dengan baik dan cepat.

Pengertian Daftar Isi

Beralih lagi mengenai daftar isi, sebenarnya apa sih daftar isi itu ? Secara singkatnya daftar isi adalah halaman yang menjadi petunjuk isi pokok dalam sebuah dokumen. Jadi Daftar Isi ini yang menunjukan dimana letak dari sebuah pembahasan dalam dokumen. Biasanya Daftar Isi berkaitan dengan penggunaan nomor halaman. Dalam pembuatan daftar isi yang baik kita butuh nomor halaman.

Kegunaan Daftar Isi

Seberapa pentingkah daftar isi ada dalam sebuah halaman ? Sangat penting, ibarat sebuah kota kalau tidak ada denah atau petunjuk arah mengenai kota tersebut maka kita akan kesusahan dalam mengexplore kota terssebut. Selain itu terdapat beberapa kegunaan lain dari sebuah daftar isi dalam dokumen , berikut daftarnya :
  1. Menunjukan letak suatu pembahasan dalam sebuah dokumen
  2. Mempermudah pembaca menemukan isi pokok dokumen yang mereka cari
  3. Dokumen tampak terlihat lebih Formal dan terlihat Profesional
  4. Mengikuti ketentuan penulisan yang baik

Penempatan Daftar Isi

Nahh itulah tadi beberapa kegunaan dari daftar isi, setelah kita mengetahui kegunaan dari daftar isi, hal selanjutnya adalah mengenai peletakan halaman daftar isi ini. Sebenarnya dimana sih peletakan daftar isi yang benar ? Kebanyakan ditemukan dalam penulisan formal daftar isi terletak setelah halaman cover, atau jika  ada halaman detail buku seperti penulis, penyunting, diterbitkan oleh, dll maka daftar isi diletakan setelah halaman tersebut.

BACA JUGA : Cara Membuat Database Data Relasional Dengan Ms Access


Format Daftar Isi

Format dari sebuah daftar isi juga harus diperhatikan ,jangan sembarangan ketika kita membuat daftar isi. Supaya enak dilihat dan memberikan kenyamanan lebih untuk pembaca kita harus menyusun daftar isi dengan format yang benar. Biasanya format dari sebuah daftar isi adalah Nama Bahasan diikuti titik-titik panjang dan diakhiri dengan nomor halaman letak pembahasan itu berada.

Pembuatan Daftar Isi

Setelah kita mengetahui banyak mengenai daftar isi, langsung saja sekarang kita menunju pokok pembahasan kita pada postingan kali ini, yaitu cara membuat daftar isi otomatis di Ms Word dengan mudah dan cepat.

Mungkin sobat bingung ketika mau membuat sebuah daftar isi , atau malah membuatnya dengan cara manual , sangat merepotkan bukan ?. Nah dengan adanya postingan ini diharapkan sobat bisa membuat daftar isi secara otomatis dengan benar , mudah dan cepat.

Berikut cara untuk membuatnya :
  1. Pertama yang kita perlukan adalah sebuah tulisan atau kerangka dari dokumen
  2. Tulisan dalam sebuah dokumen yang baik adalah dengan menggunakan penggunaan Heading 1,2, atau 3 dalam sebuah Judul, sub-judul, atau sub dari sub judul 
    heading
  3. Setelah menyusun semuanya dengan baik dengan menggunakan heading tadi, selanjutnya adalah menggunakan fitur penomoran halaman
  4. Seperti tadi sebuah dokumen yang baik adalah dokumen yang terdapat nomor halamannya, untuk membuat nomor halaman sangatlah mudah, sobat masuk ke menu insert dan pilih page number
    page number
  5. Setelah tulisan dengan heading dan page number , langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi, caranya juga cukup mudah Sobat masuk ke menu references dan pilih Table of Content
    table of content
  6. Pilih format daftar isi sesuai dengan pilihan sobat, dan daftar isi akan terbuat secara otomatis
BACA JUGA : Cara Compress Ukuran Foto Menjadi Kecil Tanpa Mengurangi Kualitas Foto

Nahh itulah tadi cara untuk membuat daftar isi otomatis dengan menggunakan Ms Word dengan mudah dan cepat, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu sobat yang hendak membuat daftar isi pada tulisan sobat, dan semoga dapat bermanfaat buat kita semua