Cara Membuat Database Data Relasional Dengan Ms Access

Cara Membuat Database Data Relasional Dengan Ms Access
Cara Membuat Database Data Relasional Dengan Ms Access
Cara Membuat Database Data Relasional Dengan Ms Access

Ketika kita berbicara mengenai database, maka pembahasan kita akan sangat meluas dan selalu menarik untuk dibahas. Sebelum membahas lebih jauh, pertama kita akan membahas pengertian dari database terlebih dahulu.

Sobat pasti pernah kan mendengar istilah Database ? Di zaman sekarang ini dimana perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK) yang sudah begitu sangat pesat penggunaan database telah menyebar dan penting untuk terlibat dalam segala bidang seperti Industri , kesehatan, ekonomi , dll.
Lalu apa sih sebenarnya database itu ?

BACA JUGA : Cara Compress Ukuran Foto Menjadi Kecil Tanpa Mengurangi Kualitas Foto


Pengertian Database

Seperti yang dikutip dari wikepedia database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Data Relasional

Kemudian dalam pembuatan database kita akan mengenal istilah Data Relasional. Seperti yang kita ketahui bahwa data adalah representasi dari kejadian atau peristiwa dari dunia nyata. Dan Relasional yang berarti saling berkaitan atau memiliki hubungan satu sama lain antar data.

Nahh pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai Cara Membuat Database Data Relasional Dengan menggunakan Ms Access. Jadi sebelum sobat mempraktekan beberapa langkah berikut , diharapkan sobat telah menginsatal Ms Access versi terbaru pada komputer sobat.

Seperti yang kita ketahui Ms Access adalah software atau perangkat lunak yang bertugas sebagai pengolah basis data. Software besutan Microsoft ini sangat banyak digunakan untuk membuat basis data baik dipergunakan untuk personal maupun organisasi atau perusahaan.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Imei yang Hilang (Null) Pada Android dan Mengembalikannya dengan Mudah


Contoh Kasus

Baik jadi pada contoh kasus kita kali ini dalam membahas data relasional, misalkan kita memiliki beberapa data yang kita bagi kedalam beberapa tabel . Jadi pada kasus ini kita sebagai perancang database diharuskan untuk membuat suatu database yang menampilkan informasi atau biodata dari Mahasiswa.

Tabel yang akan kita gunakan pada kasus ini berjumlah 3 Tabel dan 1 Query, yaitu Tabel Mahasiswa, Tabel Alamat , Tabel Jenis Kelamin dan Query Informasi Mahasiswa. Oke setelah jelas rancangan yang akan kita buat dari kasus ini, selanjutnya kita masuk ke tahap Ekseusi pembuatan database dengan Ms Access. Perhatikan beberpa langkah berikut :


  1. Pertama silahkan sobat membuka software Ms Access 
  2. Kemudian Pilih Blank Database
  3. Kemudian buat Tabel Pertama misal kita namai TabelAlamat, isi field dari TabelAlamat ini adalah kd_alamat dan alamat , gunakan data type Short Text semua. Sobat dapat membuat fieldnya dengan menggunakan design view pada TabelAlamat sobat. 
  4. Kemudian pada bagian Datasheet View , silahkan masukan data kd_alamat dan data alamat sesuai dengan keinginan sobat
    TabelAlamat Datasheet View
  5. Setelah terisi semua data pada TabelAlamat, kemudia sobat buat tabel baru , misal tabel ini kita namai TabelJenisKelamin . Untuk membuat tabel baru sobat bisa pilih tab create dan pilih tabel
  6. Setelah TabelJenisKelamin terbuat selanjutnya silahkan sobat gunakan design view dan masukan kd_jk dan Jenis Kelamin sebagai fieldnya. 
    TabelJenisKelamin Design View
  7. Pada Datasheet View masukan data pada TabelJenisKelamin dengan data yang sobat butuhkan
    TabelJenisKelamin Datasheet View
  8. Kemudian buat lagi tabel baru dengan nama TabelMahasiswa, isi fieldnya dengan NPM, Nama, Kelas, kd_alamat, kd_jk
    TabelMahasiswa Design View
  9. Masukan data sesuai dengan yang sobat inginkan pada datasheet view TabelMahasiswa ini
    TabelMahasiswa Datasheet View
  10. Setelah semua data terisi, kemudian tugas kita selanjutnya adalah membuat Query Design untuk menghubungkan relasi antar tabel
  11. Buat Query Design dengan cara pilih menu Create kemudian pilih Query Design dan kita beri nama misal Quey1
  12. Pada bagian Design View Query1 silahkan sobat masukan ketiga tabel yang sudah kita buat tadi, kemudian buat relasi pada field kd_alamat dar TabelAlamat dengan kd_alamat pada TabelMahasiswa, kemudian buat juga relasi pada kd_jk dari TabelJenisKelamin dengan kd_jk pada TabelMahasiswa. Biasanya kalau nama fieldnya telah sama , maka akan membuat relasi secara otomatis.
    relasi query1
  13. Kemudian pada kolom bawah yang berisi Field, Table , Sort , Show ,Criteria. Sobat isi pada bagian Field yaitu NPM , Nama, Kelas, Jenis Kelamin, dan alamat. Kemudian pada bagian Table isi dengan TableMahasiswa, TableMahasiswa, TableMahasiswa, TableJenisKelamin, dan TabelAlamat. Pada bagian sort biarkan kosong. Pada bagian show pilih checklist semua. Dan Criteria kosongkan saja
    Query1 Design View
  14. Kemudian Save , dan pilih Run maka data Query1 akan Muncul 
    hasil query1
  15. Selesai

Penjelasan 

Ketika sobat membuat TabelAlamat yang berisi field kd_alamat dan alamat dan TabelJenisKelamin yang berisi field kd_jk dan Jenis Kelamin, kemudian membuat relasi di Query1 tadi itu berguna untuk merelasikan kd_alamat dan kd_jk antar tabel yang bersangkutan. Jadi ketika Query1 dijalankan maka pada bagian alamat dan Jenis Kelamin mereka akan memanggil kd_alamat dan kd_jk yang mana telah memiliki data. Jadi ketika kita punya data baru dan kita menulisnya pada TabelMahasiswa kita hanya perlu memasukan kd_alamat dan kd_jk tanpa perlu memasukan nama kotanya secara langsung. Kemudian kegunaan lain pada Query1 adalah untuk menampilkan data sesuai dengan keinginan sobat misal sobat ingin menampilkan data yang memiliki alamat "Bogor" maka pada query1 pada bagian Criteria maka pada bagian alamat tuliskan Bogor dan silahkan Run Query1 maka akan tampil hanya data mahasiswa yang dari Bogor saja.
Penggunaan Criteria

hasil criteria


Nahh itulah contoh pengimplementasian data relasional pada basis data, sobat dapat mempraktekannya sesuai tutor diatas. Semoga bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan wawasan sobat.