Cara Memperbaiki Imei yang Hilang (Null) Pada Android dan Mengembalikannya dengan Mudah

Cara Memperbaiki Imei yang Hilang (Null) Pada Android dan Mengembalikannya dengan Mudah
Cara Memperbaiki Imei yang Hilang (Null) Pada Android dan Mengembalikannya dengan Mudah
Cara Memeperbaiki Imei yang Hilang (Null) Pada Android dan Mengembalikannya dengan Mudah

Smartphone di zaman sekarang ini telah menjadi kebutuhan orang banyak pada umumnya. Terdapat beberapa istilah yang menyertai atau ada pada smartphone yang sobat miliki. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas salah satu topik yang sering banyak di diskusikan para pengguna smartphone khususnya para oprekers android di berbagai forum yang terkait dengan Gadget.

Imei, mungkin nama ini sudah tidak asing lagi ditelinga sobat. Imei menandakan identitas dari sebuah smartphone yang sobat punya. Apa sih sebenernya imei itu , apakah penting imei ini ada pada perangkat smartphone sobat ? mari kita bahas bersama .

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Bad Sector dengan Mudah dan Cepat

Pengertian IMEI


IMEI , memiliki kepanjangan International Mobile Equipment Identity, dari kepanjangannya saja sudah jelas bahwa Imei itu adalah identitas yang dimiliki setaip smartphone, yang dimana imei ini bersifat unik yang artinya setiap perangkat memiliki Imei yang berbeda-beda.

Pernahkan sobat ketika membeli smartphone baru mencoba untuk memperhatikan keberadaan Imei ini ? biasanya imei dapat sobat temukan di berbagai lokasi yang berbeda, tetepai yang paling umum biasanya produsen hp menempatkannya pada bagian baterai, kotak perangkat, pada bagian belakang perangkat, dll.


Format Penulisan IMEI

Untuk format penulisan IMEI sendiri sudah harus mengikuti standarisasi pada penomeran IMEI secara internasional. IMEI terdiri dengan 15 digit yang dimana setiap angka memiliki kegunaan dan bersifat unik dari perangkat sobat. Berdasarkan formatnya biasanya IMEI dibentuk dengan : AA-BBBBBB-CCCCCC-DD  dengan keterangan sebagai berikut :
  • A Merupakan angka unik setiap proodusen .
  • B Menunjukan angka dari model perangkat sobat.
  • C Merupakan angkat identitas setiap perangkat.
  • D Merupakan dua angka akhir yang menandakan keseluruhan angka pada IMEI

Kegunaan IMEI

Selain sebagai angka identitas yang bersifat unik pada setiap perangkat yang berbeda , IMEI juga memiliki kegunaan lain , seperti berguna untuk menonaktifkan perangkat sobat ketika terjadi kejadian dimana perangkat sobat hilang, sobat dapat melaporkan kepada pihak yang terkait mengenai kehilangan perangkat sobat dan jika sobat ingin menonaktifkan perangkat sobat yang hilang , sobat dapat menggunakan IMEI ini sebagai identitas resmi perangkat sobat yang hilang. Imei juga berhubungan dengan jaringan dan sinyal pada perangkat sobat, jika imei sobat hilang bukan tidak mungkin jaringan perangkat sobat juga akan hilang

Memeriksa keasilian dari IMEI

Untuk memeriksa keasilan imei pada perangkat sobat sangat penting untuk dilakukan, apalagi ketika sobat membeli barang atau perangkat bekas lebih baik sobat melakukan pengecekan imei terlebih dahulu untuk memastikan perangkat yang hendak sobat beli memiliki keaslian yang terjamin dan pasti legal untuk digunakan. Nah berikut cara yang dapat sobat praktekan untuk memeriksa keasilan dari imei pada perangkat sobat. Cara ini hanya berlaku untuk perangkat yang memiliki sistem operasi android .
  1. Tahap pertama adalah silahkan sobat aktifkan perangkat sobat, kemudian menuju dial pad atau phone lalu ketik *#06# nanti otomatis imei akan muncul dan berjumlah 15 digit. Silahkan sobat catet imei tersebut.
  2. Silahkan cari tempat imei atau stiker imei yang berada pada perangkat sobat biasanya ada pada bagian bawah baterai .
  3. Silahkan sobat cocokan dengan Imei yang telah sobat catet tadi apakah sama atau tidak
  4. Jika sama maka imei perangkat sobat telah teruji keasliannya dan aman untuk digunakan.
Selain dengan cara diatas , bagi sobat yang mungkin stiker imei nya telah hilang , sobat juga dapat mengecek keaslian dari IMEI dengan cara berikut :
  1. Silahkan sobat catet imei sobat dengan cara yang sama pada tahap pertama tutorial diatas.
  2. kemudian buka situs International Numbering Plans
  3. Masukan nomor imei sobat pada kolom yang tersedia dan klik analyze
  4. Jika nomor imei yang sobat masukan benar maka akan muncul beberpa informasi detail resmi dari perangkat sobat , dan dipastikan perangkat sobat aman untuk digunakan.

Memperbaiki IMEI yang hilang

Setelah pada tahap diatas sobat mengetahui keaslian dari imei sobat, terdapat satu masalah yang akan menjadi pokok pembahasan pada postingan kali ini. Yaitu Imei yang hilang ataupun tidak terdeteksi. Karena imei yang dikeluarkan oleh produsen yang berbeda dan penyampaian notifikasinyapun mungkin berbeda. Hilanya imei sering ditandai dengan Imei hilang, Imel Null, Invalid Imei dll sesuai dengan notifikasi yang dikeluarkan merek perangkat sobat. Lalu gimana sih cara untuk memperbaikinya ? Mari kita bahas.

1. Perbaiki IMEI dengan Xposed

Untuk melakukan perbaikan dengan xposed ini diwajibkan perangkat android sobat telah di root. Jika perangkat sobat sudah dalam keadaan ter-root maka silahkan praktekan langkah berikut :
  1. Instal Xposed Instaler dan pastikan telah terpasang dengan baik dan benar
  2. Masuk ke aplikasi Xposed dan pilih tab download dan pilih Phone Id Changer
  3. Kemudian silahkan sobat centang dan aktifkan modul tersebut kemudian reboot perangkat sobat
  4. Setelah proses reboot selesai silahkan sobat buka aplikasi Phone Id Changer dan pada bagian Imei silahkan sobat masukan Imei yang valid sesuai dengan Imei pada box perangkat sobat
  5. Setelah selesai silahkan sobat cek Imei sobat di *#06# dan selamat Imei sobat telah kembali ada dan valid

2. Perbaiki IMEI dengan Chamelophone

Aplikasi ini dibilang sangat praktis dan mudah untuk digunakan. Sobat bisa ikuti langkah berikut untuk mengembalikan Imei sobat yang hilang dengan apilikasi ini :
  1. Instal aplikasi Chamelophone
  2. Isi IMEI pada bagian kolom yang tersedia sesuai dengan Imei valid sobat pada box atau belakang baterai perangkat sobat
  3. Pilih apply new imei
  4. Silahkan sobat reboot perangkat sobat
  5. Cek Imei sobat dengan *#06# dan selamat imei sobat telah ada kembali

3. Mengkonfigurasi ulang pengaturan

Untuk memperbaiki masalah tidak ada sinyal atau tidak terdaftar jaringan dikarenakan imei yang hilang sobat harus melakukan konfigurasi ulang pengaturan sobat, caranya sebagai berikut :
  1. Masuk ke phone dan silahkan masukan * # 197328640 # atau * # * # 197328640 # * # *
  2. Sobat akan masuk ke mode Command , pilih select on common, dan silahkan sobat pilih opsi ke 6
  3. Kemudian sobat pilih FTM (Field test mode) ini bertujuan untuk melakukan debuging dan testing , jika pada pilihan masih bersifat aktif silahakan sobat OFF kan terlebih dahulu
  4. Kemudian imei akan dipulihkan , tapi belum selesai sampai disini 
  5. Pada layar Command pilih tombol menu 
  6. Pilih select key input dan masukan opsi 2 
  7. Tunggu dan silahkan sobat keluarkan baterai sobat selama sekitar 3 menit dan silahkan sobat aktifkan kembali perangkat sobat
  8. Kemudian masuk ke phone dan ketikan * # 197328640 #
  9. Pilih debug screen, biasanya ada di pilihan 1
  10. Pilih kontrol telepon , pilih opsi ke 8
  11. Klik pada nas kontrol, dan sobat pilih opsi ke 3
  12. Kemudian sobat pilih RRC (HSDPA) , dan silahkan sobat pilih opsi 5
  13. Untuk memperbaiki jaringan yang erorr dan imei null klik revisi RRC , pilih opsi 2
  14. Kemudian sobat pilih opsi 5 (HSDP only)
  15. Restart perangkat sobat
  16. Silahkan cek Imei sobat di *#06# dan selamat imei sobat akan ada kembali

Nahh itulah tadi beberapa cara yang bisa sobat gunakan untuk memperbaiki Imei hilang (null) pada android dan mengembalikannya dengan mudah . Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memperbaiki perangkat sobat yang mengalami kasus serupa .