Cara Memperbaiki Baterai Laptop 0 available (Plugged in) dengan Mudah dan Cepat

Cara Memperbaiki Baterai Laptop 0 available (Plugged in) dengan Mudah dan Cepat
Cara Memperbaiki Baterai Laptop 0 available (Plugged in) dengan Mudah dan Cepat

Baterai merupakan salah satu komponen penting yang harus terpasang dalam sebuah laptop ataupun notebook. Bertindak sebagai sumber daya , baterai sangat menunjang segala kegiatan yang dilakukan laptop sobat.
Cara Memperbaiki Batrerai Laptop 0 available (Plugged in) dengan Mudah dan Cepat

Kondisi dari sebuah baterai sangat memepengaruhi performa dari sebuah laptop. Jadi jangan biarkan baterai laptop sobat mengalami sebuah masalah yang dapat mengganggu kinerja laptop sobat.

Tapi sifat dari komponen elektronika pasti pernah atau akan mengalami kerusakan. Nah berhubungan dengan masalah kerusakan pada baterai laptop, pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai cara memperbaiki baterai laptop 0 available (Plugged in) dengan mudah dan cepat.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Blue Screen Pada Laptop Dengan Cepat dan Mudah

Ciri - Ciri Kerusakan

Pada kasus ini baterai laptop yang mengalami kerusakan yang sering disebut dengan seutan 0 available (plugged in) , ditandai dengan kondisi baterai laptop sobat yang ketika sobat melakukan pengisian daya pada baterai, tetapi indikator baterai tetap menunjukan 0% available (plugged in) yang artinya baterai sobat tidak mendapatkan tambahan daya.

Penyebab Kerusakan

Seperti telah disebutkan diatas , suatu komponen elektronika pada suatu massa pasti akan mengalami masalah baik itu ringan ataupun berat. Nah pada kasus kerusakan baterai 0% available ini sering disebabkan oleh beberapa faktor , berikut mari kita bahas beberapa penyebabnya :

1. Usia Baterai Laptop

Usia dari sebuah komponen elektronika pasti berpengaruh dengan kinerja komponen tersebut. Seperti halnya pada kasus ini, kerusakan baterai 0% available (plugged in) ini biasanya disebabkan oleh usia dari baterai laptop sobat yang telah berusia lebih dari 1 tahun. Usia yang sudah agak lama pasti akan berpengaruh pada performanya.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Bad Sector dengan Mudah dan Cepat

2. Cara Penggunaan Yang Salah

Faktor selanjutnya yang mungkin menjadi penyebab dari kerusakan baterai 0% available (plugged in) yaitu adalah cara penggunaan yang salah dari pengguna dalam merawat kondisi baterai laptop itu. Hindari menggunakan laptop sampai kondisi baterai 0% atau sampai habis. Jadi sangat disarankan bagi sobat untuk melakukan pengisian daya baterai laptop ketika baterai laptop berada di kondisi sekitar 5-7 %. Pada saat melakukan pengisian daya jangan gunakan laptop sobat, artinya biarkan laptop dengan kondisi baterai laptop mencapai full (100%) baru sobat boleh menggunakannya.

3. Baterai tidak langsung di isi daya pada saat lowbat

Nah untuk faktor yang satu ini pasti sangat sering dilakukan sobat, ketika baterai laptop habis (0%) biasanya sobat malah meninggalkannya begitu saja . Bukannya langsung melakukan pengisian daya. Perilaku yang seperti ini dapat menyebabkan kerusakan pada baterai laptop sobat. Jadi ketika baterai laptop sobat telah habis disarankan untuk langsung melakukan pengisian daya. 

4. Cell Bateri yang sudah tak mampu mengisi daya

Untuk faktor yang terakhir ini timbul dari kondisi baterai yang memah telah di ambang batas kemampuan , artinya memang baterai telah benar-benar tidak dapat melakukan pengisian daya seperti biasanya.

Cara Memperbaiki Kerusakan

Untuk memperbaiki kerusakan pada baterai dengan kondisi 0% available (plugged in) , sobat dapat mempraktekan beberapa cara berikut, langsung saja mari kita bahas caranya :

  1. Pasang Charger ke laptop sobat
  2. Nyalakan laptop sobat
  3. Klik menu START dan klik kanan kemudian pilih COMPUTER dan pilih PROPERTIES
  4. Silahkan sobat pilih DEVICE MANAGER dan pilih tab BATERAI
  5. Kemudian sobat akan melihat beberapa opsi pada menu BATERAI , yaitu
    1. Microsoft AC Adapter
    2. Microsoft ACPI- Compilation Control Method Battery
    3. Microsoft Composite Battery
  6. Sobat hanya harus mengunistall 2 opsi , yaitu
    1. Microsoft AC Adapter
    2. Microsoft ACPI- Compilation Control Method Battery
  7. Silahkan sobat klik kanan dan pilih Uninstall dan OK
  8. Silahkan sobat matikan laptop sobat beberapa saat
  9. Tetapi disarankan untuk membiarkan laptop sobat dalam keadaan mati selama 2 - 4 jam
  10. Setelah itu silahkan sobat nyalakan kembali laptop sobat dan lihat kondisi batterai laptop sobat kembali normal

Nah itulah tadi cara yang dapat sobat praktekan ,semoga berhasil dan artikel ini dapat membantu masalah sobat.