Cara Memperbaiki Blue Screen Pada Laptop Dengan Cepat dan Mudah

Cara Memperbaiki Blue Screen Pada Laptop Dengan Cepat dan Mudah
Cara Memperbaiki Blue Screen Pada Laptop Dengan Cepat dan Mudah
Cara Memperbaiki Blue Screen Pada Laptop Dengan Cepat dan Mudah

Komputer adalah perangkat terpenting di kehidupan sekarang ini. Saya rasa semua orang yang terlibat dengan perkembangan IPTEK sekarang ini pasti pernah menggunakan komputer. Semua pekerjaan telah terkomputerisasi. Memudahkan banyak orang untuk mengerjakan pekerjaan adalah salah satu fungsi dari komputer.

Tapi pernahkan sobat mengalami sedikit masalah dengan komputer sobat. Ada banyak sekali masalah atau error yang dapat sobat jumpai seketika waktu menggunakan komputer. Blue Screen adalah salah satunya.

Apa sih arti dari Blue Screen itu ?. Blue Screen adalah permasalahan yang sering terjadi pada laptop atau komputer, dimana Blue Screen ditandai dengan windows yang hanya menampilkan layar biru pada monitor. Blue Screen memiliki nama lain yaitu Blue Screen Of Death. Serem juga ya namanya hehe.

BACA JUGA : Cara Membuat Formulir Online dengan Google Form Mudah dan Cepat

Baik sebelum sobat membahas mengenai cara untuk memperbaiki permasalahan Blue Screen ini , ada lebih baiknya kita membahas penyebab dari Blue Screen ini. Dengan tujuan ketika sobat paham mengenai penyebab dari Blue Screen , sobat akan lebih dulu bisa mengatasi masalah yang satu ini sebelum terjadinya permasalah tersebut, sekaligus untuk menambah wawasan sobat mengenai hal  ini.

PENYEBAB TERJADINYA BLUE SCREEN

Bayangkan sobat sedang sibuk dengan pekerjaan sobat menggunakan laptop atau komputer , eh tiba-tiba laptop atau komputer sobat mengalami Blue Screen , sangat menjengkelkan bukan ? rasannya mungkin ingin meninju layar monitor langsung hehe. Nah seperti subjudul diatas mari kita bahas mengenai penyebab dari Blue Screen itu sendiri. 

Blue Screen disebabkan oleh adanya kerusakan pada software atau hardware pada komputer atau laptop kita. Blue Screen ini terjadi ketika windows bertemu dengan Erorr STOP yang menyebabkan semua software mengalami CRASH secara berat sehingga windows tidak dapat bekerja. 

Nahh jadi penyebab utamanya adalah terjadi pada software atau hardware pada lapotop sobat sendiri yang mengalami crash.

Penyebab dari Blue Screen juga dapat kita ketahui dengan menggunakan software BlueScreen View. Software ini akan berfungsi untuk melakukan pencarian file minidump yang terjadi saat blue screen dan akan menampilkan crash yang terjadi pada windows.

Kemudian setelah kita mengetahui penyebab dari Blue Screen tadi sekarang langsung saja mari kita bahas solusi mengenai cara memperbaiki blue screen pada laptop atau  komputer sobat dengan cepat dan mudah.

BACA JUGA : Cara Memeperbaiki Sinyal Hp Hilang, 100% Ampuh

CARA MEMPERBAIKI BLUE SCREEN

1. Melakukan Restart Komputer

Jangan panik ketika menemui masalah Blue Screen, hal pertama yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi Blue Screen ini adalah dengan melakukan restart laptop sobat. 

Restart dilakukan dengan menekan tombol resart pada laptop sobat atau jika tidak ada tombol restart gunakan tombol power dengan cara menekan dan menahannya selama beberapa detik sampai laptop mati, kemudian nyalakan kembali. Jika Blue Screen belum terlalu parah maka setelah melakukan restart biasanya tampilan akan normal kembali dan windows kembali bekerja dengan sebagaimana mestinya.

2. Melakukan System Restore

Jika menggunakan cara pertama tadi tidak dapat mengatasi permasalahan blue screen , maka silahkan sobat mencoba cara ini. Melakukan system restore dapat dilakukan dengan sobat masuk ke safe mode. Gimana caranya ? mari sobat simak.

Untuk melakukan system restore sobat pertama harus mematikan laptop sobat terlebih dahulu dengan menekan dan menahan tombol power sampai laptop benar-benar dalam keadaan off.

Setelah itu silahkan sobat hidupkan kembali laptop sobat, klik F8 ketika proses booting. Maka sobat akan masuk ke tampilan pilihan booting dan disitu sobat silahkan pilih Safe Mode kemudian tunggu hingga proses booting safe mode selesai.

Setelah masuk ke safe mode silahkan sobat langsung menuju ke start windows , pilih control panel, kemudian system & security , pilih action center, pilih recovery, pilih open system restore,kemudian tekan next terus amapai finish kemudia pilih yes. Kemudian laptop sobat akan melakukan restart secara otomatis. Jika cara ini berhasil biasanya Blue Screen akan hilang dan windows akan bekerja kembali.

3. Repair System Operasi Windows

Jika kedua cara diatas belum juga dapat mengatasi masalah Blue Screen tadi , silahkan sobat juga dapat mencoba melakukan repair system operasi windows sobat. 

Cara ini dilakukan dengan DVD system operasi wondows yang sobat punya. Atau dengan menggunakan data system operasi windows dari flashdisk.

BACA JUGA : Cara Download Video Youtube Dengan Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan Terbaru

4. Scan Malware 

Malware bisa dibilang sebagai musuh terbesar dari sebuah software. Malware juga dapat menyebabkan software crash berat dan bisa menyebabkan terjadinya Blue Screen . Jadi untuk mengtasinya adalah dengan melakukan scan malware dengan software antivirus yang sobat miliki.

5. Pastikan hardware tidak rusak

Silahkan sobat cek kondisi dari hardware laptop sobat, pastikan semua kondisi dari hardware tersebut dalam kondisi yang normal dan baik. Silahkan sobat melakukan pengecekan ke bagian hardisk terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke bagian RAM. Hardisk yang rusak dapat menyebabkan Blue Screen, begitu juga dengan RAM.

6. Instal Ulang Windows

Sobat mungkin berfikiran salah satu jalan alternatif untuk mengatasi blue screen ini dengan menginstal ulang windows sobat, mungkin hal itu ada benarnya juga. Jika semua cara diatas memiliki peluang berhasil atau tidak, berbeda dengan intal ulang windows, karena dengan menginstal ulang windows pasti Blue Screen akan teratasi.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Whatsapp Web 

Bagiamana sobat sudah dapet pencerahan mengenai Blue Scren ini ?. Diharapkan dengan adanya artikel ini semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua terkhusus bagi yang sedang mengalami masalah blue screen.