Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Bad Sector dengan Mudah dan Cepat

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Bad Sector dengan Mudah dan Cepat
Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Bad Sector dengan Mudah dan Cepat

Hardisk adalah salah satu komponen penting pada perangkat keras komputer. Hardisk berfungsi sebagai media penyimpanan pada komputer sobat. Bayangkan saja jika hardisk sobat rusak, data-data pening sobat mengalami masalah, sangat menjengkelkan bukan ?

Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu kerusakan pada Hardisk yang sangat sering dijumpai para pengguna aktif komputer sekarang ini, kerusakan ini dinamakan dengan "BAD SECTOR".

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Blue Screen Pada Laptop Dengan Cepat dan Mudah

Pengertian Bad Sector

Apa sih Bad Sector itu ? Kerusakan pada hardisk yang diakibatkan beberpa penyebab tertentu yang mengakibatkan tidak bisa terbacanya data pada hardisk. Bad sector sendiri dibagi menjadi 2 tipe. Yaitu Bad Sector Fisik dan Bad Sector Software.

Macam-Macam Bad Sector dan Penyebabnya

Bad Sector Fisik adalah kerusakan pada hardisk yang terjadi pada fisik hardisk sobat, biasanya disebabkan karena hardisk terjatuh, terkena debu, kepanasan, dan gangguan fisik lain terhadap hardisk.

Sedangkan Bad Sector Software adalah Kerusakan pada hardisk yang disebabkan oleh adanya aktifitas software yang merusak hardisk. Biasanya disebabkan oleh terjadinya kesalahan sobat ketika mengoperasikan komputer, adanya serangan virus , komputer dimatikan paksa, terjadinya mati listrik ketika copy data, dll.

Melakukan Check apakah hardisk mengalmai bad sector ?

Sebelum membahas lebih lanjut ke solusi, ada baiknya sobat memastikan terlebih dahulu apakah hardisk sobat terjangkit kerusakan bad sector atau tidak ?Windows telah memiliki fitur yang sangat bermanfaat dalam kasus ini, fitur ini dinamakan dengan Tool Disk Check. Tool ini akan melakukan pemeriksaan pada hardisk sobat secara menyeluruh, kemudian tool ini akan memberitahu sobat apakah hardisk sobat mengalami bad sector atau tidak. Gimana cara melakukan cek nya? baik ikuti langkah-langkah berikut ini :


1. Buka Windows Explorer
2. Klik kanan pada drive yang akan di cek
3. Kemudian pilih properties
4. Pilih tab tool
5. Pilih Check
6. Klik start, untuk memeriksa hardisk sobat, tunggu sampai selesai
7. Akan muncul hasil berupa pesan apakah hardisk sobat mengalami bad sector atau tidak

Nah sekarang sobat sudah tau tipe dan penyebab dari kerusakan hardisk Bad Sector dan cara mengecek apakah hardisk sobat mengalami bad sector atau tidak ,selanjutnya adalah membahas mengenai solusinya. Jangan khawatir disetiap kerusakan pada komponen komputer pasti ada solusi yang dapat sobat coba untuk mengatasinya. Mari kita simak :

Solusi Mengatasi Bad Sector

1. Mengunakan Software Recovery

Software recovery memiliki fungsi untuk mengembalikan seluruh data pada hardisk sobat yang hilang, terhapus, terformat, dll. Sobat bisa menggunakan salah satu software recovery yang sangat saya rekomendasikan yaitu Recuva.

2. Hardisk Drive Low Level Format Tool 

Cara ini menganjurkan sobat untuk melakukan backup semua data yang ada pada hardisk terlebih dahulu. Karena dengan software ini akan dilakukan proses format seluruh data pada hardisk dan mereset seperti halnya kondisi hardisk yang baru dibeli. Hal ini bertujuan untuk membuat hardisk sobat kembali segar atau fresh dan kerusakan yang ada akan hilang.

3. Hardisk Drive Bad Sector Repair

Dari namanya saja sudah jelas , software ini berfungsi untuk memperbaiki hardisk sobat yang mengalami bad sector. Software ini akan bekerja dengan 541DX Maxtor. Software ini akan mendeteksi kerusakan pada hardisk kemudian software ini akan langsung melakukan perbaikan pada kerusakan tersebut.

4. Menggunakan software Macrorit Disk Scanner

Macrorit bad scanner adalah software yang akan melakukan proses scan bad sector pada hardisk . Cara menggunakan software inipun sangat mudah, sobat langsun menginstal dan membuknya, kemudian langsung pilih scan now, dan proses scan akan langsung dimulai jika terdapat kerusakan pada hardisk software ini akan memberitahu sobat dan akan melakukan proses perbaikan.

5. Menggunakan software spinrite

Untuk melakukan perbaikan bad sector dengan cara ini diahruskan untuk menyiapkan beberapa alat terlebih dahulu . Seperti CD atau Flashdisk.  Lalu gimana cara melakukan proses perbaikannya ? mari kita simak :

1. Buka software SpinRite , Jika sobat akan melaukan perbaikan dengan CD  pilih create ISO or Image File  , jika sobat menggunakan Fd langsung lanjut ke cara no 3

2. Jika file isonya telah jadi ,sobat burn file iso tersebut ke CD dengan menggunakan software yang berfungsi untuk burn seperti nero.

3. Jika sobat menggunakan flasdisk untuk memperbaikinya pilih "Instal Spin Rite on Drive" , kemudian tekan dan tahan tombl huruf pada keyboard sesuai dengan huruf dirve sobat.dan pilih instal booteable spinrite, tunggu sampai proses selesai.

4. Restart komputer dan masuk ke BIOS, pilih menu boot dan booting device. Kemudian sesuaikan dengan alat yang sobat pake tadi Fd atau CD.  Exit BIOS dan Saving.

5. Program spinrite akan terbuka pilih opsi untuk memperbaiki hardisk bad sector biasanya ada pada pilihan no 2 dan 4

6. Pilih drive atau partisi yang akan diperbaiki, tunggu sampai selesai (waktu tunggu biasanya lama ,jadi sobat harus sabar) 


Nahh itulah beberapa cara untuk memperbaiki hardisk sobat yang mengalami bad sector dengan mudah dan cepat. Silahkan sobat praktekan dan semoga berhasil .