Inilah Kelebihan dan Kekurangan Linux Dibanding OS lainnya

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Linux Dibanding OS lainnya
Inilah Kelebihan dan Kekurangan Linux Dibanding OS lainnya
Inilah Kelebihan dan Kekurangan Linux Dibanding OS lainnya

Sistem Operasi (OS) adalah sebuah software atau perangkat lunak yang berfungsi atau bertugas untuk memanajemen seluruh operasi yang terjadi pada komputer. Bisa dikatakan Sistem operasi itu sebagai jembatan antara software dan hardware dengan brainware atau pengguna.

Kemudian ketika kita berbicara mengenai OS , banyak sekali OS yang dapat kita temukan sekarang ini, baik OS untuk perangkat Komputer ataupun untuk perangkat Smartphone. Windows, Mac OS, Linux adalah OS yang paling banyak digunakan pada perangkat komputer sekarang ini, kemudian untuk perangkat Smartphone sendiri ada Android yang sangat fenomenal dan IOS besutan Apple yang pasti memiliki keunikan tersendiri.

BACA JUGA : 10 Jenis Bidang Pekerjaan yang Populer di Dunia IT


Nah pada postingan kali ini kita akan lebih spesfik membahas salah satu OS yang cukup sangat populer yaitu LINUX.

Linux, tentu kita tidak asing lagi dengan  OS atau operating sistem yang satu ini, ya ini adalah Sistem Operasi yang tidak mengeluarkan sepeser uang pun atau free dalam penggunaannya. Tidak seperti yang lain, OS ini memiliki kelebihan tersendiri ,yuk kita simak saja apa kelebihan dari pada operating sistem linux ini :

Kelebihan Linux :

1. Pertama, Gratis!

Ya Linux merupakan OS yang dapat kita gunakan tanpa mengeluarkan sepeser uang pun untuk pemasangannya, cukup download, buat penginstallan di media yang diinginkan, lalu pasang. Dibanding dengan windows, harga termurah yang di sediakan di website resminya saja bisa mencapai 1 juta lebih untuk versi Home, dan itu untuk single license saja.

2. Mendukung sistem 32 Bit dan 64 Bit

Benar, walaupun sistem operasi ini gratis, bukan berarti tidak mendukung struktur 32 bit maupun 64 bit, seperti contohnya pada linux ubuntu, ubuntu menyediakan sistem operasi linux yang mendukung keduanya

32 bit dan 64 bit?


  • Istilah “bit” merupakan sebuah satuan data. Komputer 32 bit adalah komputer yang dapat memproses 232 data dalam satu waktu. Sedangkan komputer 64 bit adalah komputer yang dapat memproses 264 data dalam satu waktu.
  • Terkadang 32 bit ditulis sebagai “32-bit” atau “x86” dan 64 bit ditulis sebagai “64-bit” atau “x64”.
  • Komputer personal itu sendiri awalnya dikembangkan mulai dari 4 bit, 8 bit, dan kemudian 32 bit. Semenjak akhir tahun 2008, pangsa pasar komputer personal yang bertipe 64 bit mulai semakin meningkat.
  • 32 bit hanya dapat membaca kurang dari 4 gb ram memori sementara 64 bit dapat membaca lebih dari 4 gb ram memori
  • 64 bit digunakan untuk penggunaan berat
  • Dalam memproses data 64 bit lebih cepat

3. Nyaman

Terkadang, yang gratis itu biasanya ecek - ecek atau biasa saja, namun kenyataanya berbeda
linux ini juga menyediakan kenyamanan bagi para penggunanya, karena OS nya rapih dan simple, memiliki UI (User Interface) yang bermacam macam, dan pasti mudah digunakan.

BACA JUGA : 5 Emulator Android Terbaik Untuk Main Game di PC

4. Memiliki GUI modern

Linux telah menggunakan Inteface yang berbasis GUI ? apa itu GUI,  GUI (Graphical user interface) adalah tampilan UI yang telah berbentuk Grafik , berbeda dengan CLI atau command line interface, GUI ini berupa tampilan-tampilan yang menarik sehingga mudah digunakan.

5. Mendukung 33 Macam Sistem File

Linux  mendukung hingga 33 macam sistem file, contoh diantaranya adalah sistem file hpfs, fat 16, fat 32 dan lain lain. Ini menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki Linux dan bahkan mungkin tidak dimiliki OS lainnya.

6. Memiliki Keamanan Yang Baik

Linux memiliki keamanan yang baik atau lebih unggul dibanding windows, bila sistem operasi windows hampir semua penggunanya pernah merasakan terserangnya virus ke sistem, apalagi jika sudah terhubung ke internet atau perangat external lainnya, seperti usb, hardisk, dan perangkat portable lainnya. mungkin akan rentan, namun berbeda dengan Linux , Linux memiliki keamanan yang sangat baik dan bahkan peluang untuk terserang virus rasanya tidak ada pada OS yang satu ini.

7. Memiliki banyak Distro

Ketika kita hendak memilih Linux sebagai OS pada komputer kita, kita akan dihadapkan pada pilihan distro yang ada pada Linux , seperti Fedora, Ubuntu, Open Suse, RedHat, CentOs, dan lain lain
Namun saat ini distro yang sering digunakan adalah Ubuntu dan Fedora.

BACA JUGA : Aplikasi Android Penghasil Uang Terbaik Bikin Hari-Harimu Menguntungkan


Lalu, apa kekurangan Linux?



1. Belum terbiasa, butuh edukasi


Memang pengguna Linux tidak sebanyak pengguna Windows atau Mac OS. Karena memang dalam mengoprasikan Linux tidak semudah ketika kita menggunakan Windows atau Mac Os , oleh karena itu dibutuhkan banyak edukasi tersendiri kepada para pengguna mengenai OS Linux ini.

2. Kurangnya Dukungan Perangkat Keras

Mungkin banyak diantara kalian bingung dengan apa maksudnya kurangnya dukungan terhadap perangkat keras.

Pernahkah kalian mendengr VGA?  benar, bila windows sudah tersedia banyak vendor grafis memberikan driver agar grafis dapat terbaca , Linux memiliki kekurangan dukungan pada driver grafis, banyak vendor belum menyediakan driver untuk linux, sehingga bila dipasangkan grafis, linux tidak dapat membacanya karena kurangnya driver.

3.Proses Instalasi Perangkat Lunak Tidak Semudah Windows

Bila kita pengguna windows tentu sudah terbiasa dengan proses instalasi windows yang sangat mudah , maka di linux berbeda, kita membutuhkan beberapa package yang dibutuhkan beserta dependenciesnya terlebih dahulu ketika hendak menginstal OS Linux.

BACA JUGA : Cara Membuat Formulir Online dengan Google Form Mudah dan Cepat


Nahh itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada OS Linux , semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua dan pastinya semoga bermanfaat.