Konsep Dasar Sistem Operasi pada Komputer Lengkap

Konsep Dasar Sistem Operasi pada Komputer Lengkap
Konsep Dasar Sistem Operasi pada Komputer Lengkap
Konsep Dasar Sistem Operasi pada Komputer Lengkap

 

Konsep Dasar Sistem Operasi pada Komputer Lengkap


Sudah tidak bisa kita pungkiri, melalui perkembangan Teknologi Informasi yang sudah sangat pesat berpengaruh pada penggunaan komputer yang semakin marak juga. Kemanapun kita pergi selalu saja kita temukan komputer, segala pekerjaan yang ada sekarang ini kebanyakan besar sudah terkomputerisisai.

Tapi pernahkah sobat berpikir sebenarnya dalam komputer itu ada apa sih , kenapa banyak orang menggunakan komputer untuk menyelesaikan pekerjaannya. Sebenarnya di dalam komputer sendiri ada banyak pembahasan yang dapat kita gali. Tapi pada kesempatan kali ini, di postingan kali inikita hanya akan membahas salah satu topik pembahasan yang sangat menarik untuk kita bahas bersama. Disini kita akan membahas Sistem Operasi pada perangkat komputer.


Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Sistem Operasi, banyak Sistem Operasi yang telah beredar sekarang ini, bahkan dalam kehidupan sehari-haripun sobat selalu menggunakannya, baik di perangkat seluler ataupun perangkat komputer. Lalu apa sih sebenarnya Sistem Operasi itu ? mari kita bahas bersama.

Pengertian Sistem Operasi


Secara singkat Sistem Operasi dapat diartikan sebagai software atau perangkat lunak yang ada dalam sebuah komputer yang memiliki tugas untuk mengatur atau mengontrol dan memanajemen segala aktivitas yang berhubungan dengan komputer , seperti manajemen hardware , operasi-operasi sistem, dan software aplikasi. Sistem Operasi juga bisa katakan sebagai jembatan antara kita pengguna komputer (Brainware) dengan Perangkat Lunak (Software) dan Perangkat Keras (Hardware) untuk saling berinteraksi. 

Bagian-Bagian Sistem Operasi


Setelah kita mengenal mengenai pengertian dari sistem operasi , selanjutnya yang perlu kita ketahui adaah bagian-bagian atau elemen yang ada dalam sebuah sistem operasi. Tidak mungkin kan Sistem Operasi berdiri sendiri tanpa didukung oleh bagian-bagian lainnya, mari kita bahas bagian-bagian tersebut :
  1. Boot Mechanism, bagian ini adalah bagian yang ada di dalam sistem operasi yang bertugas untuk meletakan kernel ke dalam memory.
  2. Kernel, bagian ini bisa dikatakan bagian yang sangat penting yang ada didalam sebuah sistem operasi. Kernel adalah inti dari Sistem Operasi yang ada di komputer soba.
  3. Command Interpreter/Shell, sobat pasti pernah mendengar nama input (masukan) dan output (keluaran) , nah yang memiliki tugas untuk membaca sebuah input atau output dalam sebuah sistem operasi dinamakan dengan Command Interpreter atau Shell.
  4. Pustaka / Library, seperti namanya bagian ini adalah bagian dalam sistem operasi yang bertugas untuk menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang nantinya akan dipanggil oleh aplikasi lain dalam komputer.
  5. Driver, wah pasti sudah tidak asing dengan komponen ini. Driver adalah bagian dalam sistem operasi komputer yang memiliki tugas untuk berinteraksi dan mengontrol hardware eksternal.

Lapisan-lapisan Sistem Operasi 


Didalam sebuah sistem operasi untuk mendukung penggunaan yang baik dan fungsi yang sesuai, maka Sistem Operasi memiliki beberapa lapisan didalamnya, berikut kita bahas lapisan-lapisan tersebut :
  • Lapisan 0, lapisan pertama ini memiliki tugas untuk mengatur alokasi prosesor, pertukaran proses saat interupsi,dan lapisan ini juga mendukung dasar dari multi-programming dalam CPU.
  • Lapisan 1, lapisan ini memiliki tugas untuk mengalokasikan ruang untuk proses di memory utama atau primary memory.
  • Lapisan 2, lapisan ini memiliki tugas untuk menghandle atau menangani komunikasi antara proses satu dengan prose lain.
  • Lapisan 3, lapisan ini bertugas untuk mengatur dan mengontrol piranti I/O (input / output) dan menampung informasi yang ada di dalamnya.
  • Lapisan 4,lapisan ini berhubungan langsung dengan pengguna, dimana lapisan ini bertugas sebagai tempat dari program-program pengguna.
  • Lapisan 5, adalah lapisan terakhir yang memiliki tugas sebagai operator dalam sebuah sistem.

Proses Booting 


Sobat ketika pertama kali menyalakan sebuah komputer pasti akan berjumpa dengan proses Booting. Proses Booting adalah proses dimana sebuah komputer beserta sistem operasinya mulai bekerja dan melakukan inisialisasi pada semua device dan driver yang ada didalam sebuah komputer.

Urutan Proses Booting


  1. Boot Loader, proses ini adalah proses dimana pencarian sebuah image kernel dan melakukan load ke memory dan setelah di load dalam memory , image kernel tadi akan dijalankan.
  2.  Kemudian kernel akan melakukan inisialisasi device dan driver yang ada di dalam komputer.
  3.  Kemudian kernel akan melakukan mounting root file sysetm yang bertujuan agar proses-proses dalam sistem operasi dapat dijalankan. 
  4.  Kernel akan menjalankan sebuah program yang memiliki nama init
  5.  Init akan melaksanakan service selanjutnya dalam sistem operasi.
  6.  Init akan melakukan proses terakhir yang dinamakan dengan Getty, dan kita akan mendapatkan interrface dan masuk ke dalam sistem dengan memasukan username dan password.

Bagimana Hardware dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi 


Sebuah peralatan hardware ekternal untuk dapat berkomunikasi dengan sebuah sistem operasi biasanya membutuhkan device driver ( biasanya berbentuk CD).  Jadi ketika sobat hendak menggunakan sebuah hardware eksternal sobat harus menginstal driver dari hardware tersebut terlebih dahulu , baru sobat dapat menggunakan harware ekternal tersebut. Misal sobat hendak menggunakan webcam ekternal , sobat perlu instal driver dari webcam tersebut terlebih dahulu baru sobat dapat menggunakannya.

Contoh Sistem Operasi


  • LINUX
  • UNIX
  • WINDOWS
  • MAC OS
Nahh itulah tadi pembahasan kita mengenai konsep dasar dari sistem operasi komputer , semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan untuk refrensi belajar sobat.