Macam - Macam Software Microsoft Office Beserta Fungsi-Fungsinya

Macam - Macam Software Microsoft Office Beserta Fungsi-Fungsinya
Macam - Macam Software Microsoft Office Beserta Fungsi-Fungsinya
Macam - Macam Software Microsoft Office Beserta Fungsi-Fungsinya

Microsoft Office  mungkin menjadi salah satu produk Microsoft paling banyak ditemukan di perangkat Komputer atau Laptop sobat. Microsoft Office adalah sepaket software aplikasi yang didalmnya terdapat banyak software yang memiliki tugas atau funginya yang berbeda-beda.

Saya rasa sobat sangat sering menggunakan berbagai jenis software dari Microsoft Office ini, digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan sobat ,produk dari Microsoft ini memang sangat bisa untuk diandalkan. 

Mungkin software Microsoft Office yang paling sering kita gunakan di kehidupan sehari-hari kita adalah Ms Word , Ms Excel, dan Ms Power point. Tetapi tahukah sobat , masih terdapat banyak software yang disediakan dalam paket Microsoft ini.


Nahh pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam Software Microsoft Office yang mungkin masih belum banyak diketahui orang, dan kita akan bahas juga fungsi atau tugas yang dapat dikerjakan oleh software tersebut.

1. Microsoft Word

Untuk software pertama yang ada di dalam paket Microsoft Office adalah Microsoft Word. Saya rasa sobat sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini. Digunakan untuk membantu mengerjakan tugas kuliah, tugas kerja, dan tugas lainnya, software ini selalu terlibat dalam hal itu. Microsoft Word diterbitkan oleh Microsoft pada sekitar tahun 1983 dengan berbagai versi dan untuk sekarang sudah mencapai versi Ms Word 2019. Ms Word banyak digunakan untuk pekerjaan pengolahan kata, seperti menulis dokumen, membuat undangan, menulis surat, dll.

2. Microsoft Excel

Ms Excel juga saya rasa sudah sangat familiar dengan kehidupan kita. Software pengolah angka yang paling banyak digunakan pada perangkat komputer sekarang ini mungkin adalah Ms Excel. Ms Excel biasanya digunakan untuk pengerjaan laporan yang berbentuk angka, perhitungan masalah keuangan ,dll. 

3. Microsoft Office Power Point

Ms Power Point biasa digunakan untuk presentasi. Banyak pelaku kerja atau pelaku bisnis ataupun pelajar yang menggunakan software ini untuk membantu terciptanya presentasi yang baik dan menarik. Ms Power Point menyediakan tampilan yang bisa dibilang sederhana dan mudah untuk digunakan. 

4. Microsoft Office Outlook

Nahh untuk sofware yang satu ini mungkin jarang atau kurang begitu banyak digunakan. Ms Outlook adalah software yang biasa digunakan untuk pengiriman dan pembacaan surat elektronik, menyediakan kalender, kotak surat dan jadwal bersama. Penggunaan Ms Outlook yang kurang begitu banyak mungkin disebabkan salah satunya oleh penggunaan email yang lebih mudah seperti Gmail.

5. Microsoft Office InfoPath

Ms InfoPath ? wah jarang banget kan mendengar software yang satu ini, tapi jangan salah Ms InfoPath juga memiliki peran yang sangat penting untuk membantu pekerjaan sobat. Ms InfoPath biasa digunakan untuk pengembangan formulir data dalam bentuk XML. Jadi Ms InfoPath dapat digunaan untuk membuat atau menampilkan dokumen XML.

6. Ms Visio

Dalam paket Microsoft Office juga tersedia Ms Visio. Ms Visio biasa digunakan untuk pembuatan Flowchart atau yang biasa disebut dengan diagram alir. Software yang satu ini sangat cocok digunakan untuk sobat yang berkecimpung dalam perancangan sebuah algoritma. Selain digunakan untuk membuat Flowchart ,Ms Visio juga dapat dan cocok  digunakan untuk pembuatan diagram, brainstorm dan skema jaringan. Ms Visio sangat mudah untuk digunakan dan memiliki tampilan yang sederhana.

7. Microsoft Office Front Page

Untuk software yang satu ini mungkin hanya digunakan untuk pelaku kerja tertentu. Ms Front Page biasa digunakan untuk kalangan pemilik atau pengembang Web. Ms Front Page digunakan untuk administrasi dari sebuah website. Namun belakangan ini penggunaan Ms Front Page telah tergantikan dengan SharePoint Designer yang dikeluarkan sekitar tahun 2006.

8. Microsoft Office Access

Software Ms Access biasa digunakan untuk pembuatan database atau basis data. Penggunaan database yang sudah tersebar dan menjadi komponen penting dalam bisnis atau bidang lain menjadikan penggunaan Ms Access ini juga sangat banyak. 

9. Microsoft Office One Note

Ms One Note merupakan software yang digunakan untuk menemukan sebuah atau beberpa informasi secara gratis. Biasanya cukup lumayan banyak ditemukan di Komputer atau Laptop orang banyak.


Nahh itulah tadi macam-macam software dari Microsoft Office dan fungsinya dari masing-masing software tersebut. Software diatas sangat direkomendasikan untuk sobat gunakan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan yang sesuai dengan fungsi software diatas. Dan jangan lupa gunakan Microsoft Office dengan lisensi resmi :)