Mengenal Sistem Informasi Manajemen , Pengertian Fungsi Klasifikasi dan Contohnya

Mengenal Sistem Informasi Manajemen , Pengertian Fungsi Klasifikasi dan Contohnya
Mengenal Sistem Informasi Manajemen , Pengertian Fungsi Klasifikasi dan Contohnya
Mengenal Sistem Informasi Manajemen , Pengertian Fungsi Klasifikasi dan Contohnya

Mengenal Sistem Informasi Manajemen , Pengertian Fungsi Klasifikasi dan Contohnya

Selamat pagi sob , jangan lupa bersyukur untuk hari ini sob. Pada kesempatan yang baik ini kita akan membahas salah satu pembahasan yang sering sekali di bahas di berbagai forum diskusi, ataupun dalam mata kuliah bagi sobat yang mendapatkannya di kampus sobat. 

Kali ini kita akan membahas mengenai Sistem Informasi Manajemen. Kita akan bahas tuntas segala yang bersangkutan dengan Sistem Informasi Manajemen.

Sistem itu apa ?
Informasi itu apa ?
Sistem Informasi itu apa ? 
Sistem Informasi manajemen itu apa ?


Semuanya akan kita bahas disini, untuk lebih jelas dan memahami semua pembahasan pada postingan ini diharapkan untuk membaca semua tulisan dalam postingan ini. Membaca itu jendela dunia loh sob :)

Baik langsung saja kita bahas , yang pertama akan kita bahas adalah dari yang dasar dulu , yaitu Sistem . Seperti tadi apa sih itu Sistem ? sobat pasti sering mendengar istilah yang satu ini, tapi sedikit yang mengetahui definisinya.

Pengertian Sistem

Sistem adalah sekumpulan dari unsur/elemen/komponen yang saling berkaitan satu sama lainnya dan masing-masing memiliki pengaruh , semua komponen ini melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Nahh itu sob pengertian dari sistem, kalau pengertian diatas itu adalah pengertian secara general atau yang sering kita terima, tapi berikut ada juga beberapa kutipan dari tokoh terkenal yang mengungkapkan pandangannya mengenai pengertian dari sistem itu sendiri.

Pengertian Sistem Menurut Pakar

  • Menurut Gordon B. Davis (1984) , beliau mengatakan "Sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran atau maksud tertentu "
  • Menurut Raymond Mcleod , beliau mengatakan "Sistem adalah himpunan dari unsur-unsur yang saling berkaitan sehingga membentuk sautu kesatuan yang utuh dan terpadu"
  • Menurut Jerry FitzGerald , beliau mengatakan  "Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur yang saling behubungan, berkumpul bersama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu"
Dari definisi masing-masing tokoh dapat kita simpulkan bersama bahwa Sistem adalah sekumpulan elemen yang bisa terdiri oleh manusia, mesin, prosedur, dokumen, data atau elemen lain yang semua elemen tersebut saling terorganisir dengan satu tujuan yang sama.

Setelah sobat menegerti pengertian dari sistem, sobat juga disarankan harus paham karakteristik dari sebuah sistem, karena dengan memahami sebuah karakteristik dari sistem sobat akan lebih mengenal lebih jauh dari pembahasan ini. Berikut karakteristik sistem.

Karakteristik Sistem

  1. Komponen / Elemen
  2. Batasan Sistem
  3. Lingkungan Luar Sistem
  4. Penghubung
  5. Masukan
  6. Pengolahan
  7. Keluaran
  8. Sasaran
 Kemudian selanjutnya masih berhubungan dengan konsep dasar dari sebuah sistem, kita akan mengenal klasifikasi dari Sistem 

Klasifikasi Sistem

  • Sistem Abstrak , adalah sebuah sistem yang hanya dalam bentuk pikiran atau ide, jadi sistem yang satu ini tidak terlihat sebagai sebuah sistem fisik. Contoh : Sistem Teologia, yang merupakan sistem yang menggambarkan hubungan manusia dengan tuhan
  • Sistem Fisik. adalah sistem yang tampak secara fisik. Sistem ini adalah kebalikan dari Sistem Abstrak. Contoh :Sistem Komputer
  • Sistem Alamiah, adalah sebuah sistem yang terjadi karena sebuah proses alam. Contoh : Sistem Geologi
  • Sistem Buatan , adalah suatu sistem yang dirancang atau didesain oleh seorang, kelompok, atau organisasi manusia. Contoh : Sistem Informasi
Nahh kita rasa pembahan mengenai dasar dari sistem sudah cukup. Kemudian kita lanjut membahas mengenai Sistem Informasi.

Tadi kita teah memahami arti dari sistem , kali ini kita harus tau juga arti dari informasi.

Penegertian Informasi 

Menurut Raymond Mcleod , "Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk
yang memiliki arti bagi sipenerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau masa yang akan datang  "

Informasi juga terbagi menjadi beberapa jenis informasi, mari kita bahas 

Jenis Informasi

Jenis Informasi, terbagi menjadi dua yaitu :
  • Formal, adalah informasi yang lahir atau didapatkan dari suatu organisasi resmi
  • Informal , adalah informasi yang didapatkan dari luar sebuah organisasi
Kemudian sobat pasti pernah mendapatkan sebuah informasi , dan informasi tersebut ada yang baik dan ada juga yang kurang. Ciri dari sebuah informasi yang baik adalah seperti berikut 

Ciri sebuah Informasi yang baik : 

  • Terbaru (Update) 
  • Tepat Waktu 
  • Relevan
  • Konsisten
  • Penyajian sederhana

Selanjutnya adalah siapa sih pengguna atau orang yang membutuhkan sebuah informasi :

  • Low Level Managers
  • Middle Level Managers
  • Top Level Managers
 Sebuah informasi ada tidak begitu saja muncul tanpa memiliki sebuah fungsi atau manfaat , berikut manfaat dari informasi tersebut :

Manfaat Infromasi

  1. Meningkatkan pengetahuan si pemakai informasi
  2. Mengurangi ketidakpastian dalam mengambil sebuah keputusan
  3. Menggambarkan fakta dari suatu hal
Setelah Kita mengenal pengertian dari sistem dan pengertian dari informasi, kami rasa bekal sobat untuk lebih memahami bab ini sudah cukup , sobat akan lebih memahami pembahasan selanjutnya dengan memiliki beka tersebut

Sistem Informasi Adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi  yang mempertemukan kebutuhan pengolahan  transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu  organisasi dan menyediakan pihak luar  tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

 Peran Sistem Informasi dalam Bisnis

  • Mendukung proses dan operasi bisnis
  • Mendukung pengambilan keputusan para pegawai dan manajernya
  • Mendukung berbagai strategi untuk keunggulan kompetitif

Pengertian Sistem Informasi Manajemen 

Seperti yang dikutip dari Wikipedia "Sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif. "

Pengertian SIM menurut para ahli :

  • Bodnar dan Hopwood ; buku Accounting Information System : Kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data dalam bentuk informasi yang berguna.
  • Turban, McLean, dan Waterbe ; buku Information Technology for Management Making Connection for Strategies Advantages : Sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
  • L. James Havery ; Sistem merupakan prosedur logis dan rasional guna melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.
  • Ludwig Von Bartalanfy ; Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi di antara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
  • O’brien ; Sistem adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam transformasi yang teratur.
  • Azhar Susanto ; Sistem adalah kumpulan/group dari sub sistem/bagian/komponen apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekeaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
BACA JUGA : Macam - Macam Software Microsoft Office Beserta Fungsi-Fungsinya


Kemudian apa sih tujuan dari Sistem Informasi Manajemen :
Tujuan sistem informasi manajemen adalah  memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub-unit organisasional perusahaan. SIM menyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan output dari berbagai simulasi model matematika.

Contoh Sistem Informasi Manajemen 

  1. Sistem informasi akuntansi (accounting information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
  2. Sistem informasi akademik (academic information systems), menyediakan informasi tentang proses pendidikan yang sedang berjalan di suatu akademi/sekolah/perguruan.
  3. Sistem informasi pemasaran (marketing information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
  4. Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).
  5. Sistem informasi personalia (personal information systems).
  6. Sistem informasi distribusi (distribution information systems).
  7. Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).
  8. Sistem informasi kekayaan (treasury information systems).
  9. Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information systems).
  10. Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems).
  11. Sistem informasi analisis perangkat lunak (software analysis information systems).
  12. Sistem informasi teknik (engineering information systems).
  13. Sistem informasi rumah sakit (Hospital information systems). 
Nahh itulah semua pembahasan kita kali ini, semoga dengan adanya artikel yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk sobat semua