Penjelasan Lengkap Use Case Diagram dan Contoh Penggunaanya

Penjelasan Lengkap Use Case Diagram dan Contoh Penggunaanya
Penjelasan Lengkap Use Case Diagram dan Contoh Penggunaanya
Penjelasan Lengkap Use Case Diagram dan Contoh Penggunaanya

Penjelasan Lengkap Use Case Diagram dan Contoh Penggunaanya


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu pembahasan yang saya rasa sangat menarik untuk kita bahas bersama. Dalam kehidupan kita sehari-hari selalu saja kita berbenturan atau menemui sebuah sistem. Lalu apa Sistem itu ? Sistem adalah kumpulan dari banyak elemen yang masing-masing elemen tersebut saling terhubung dan terintegrasi dengan satu tujuan utama yang sama.

Pengertian Use Case Diagram


Hubungan sistem dengan pembahasan yang kita akan bahas kali ini memiliki hubungan yang sangat erat. Use Case Diagram adalah sisi dalam dari sebuah sistem . Use Case Diagram adalah diagram yang menjelaskan dan menggambarkan interaksi dari aktor, use case , dan sitem. Jadi pada garis besarnya Use Case Diagram memiliki komponen inti yaitu sistem , use case , dan aktor.

Use Case Diagram tidak menjelaskan sesuatu yang terjadi dalam sistem secara detail , Use Case Diagram hanya menjelaskan sebagian kecil atau hanya memberi gambaran singkat dari hubungan antara use case, aktor , dan sistem. Use Case Diagram juga menjelaskan fungsi-fungsi apa saja yang terjadi dalam sebuah sistem. Untuk lebih jelasnya nanti kita akan bahas contoh pengimplementasian dari Use Case Diagram pada bagian akhir postingan



Seperti yang dipaparkan diatas, Use Case Diagram memiliki beberapa kompoen seperti aktor, use case, dan sistem. Selain ketiga komponen tersebut masih terdapat beberapa komponen atau symbol yang ada di dalam Use Case Diagram. Berikut daftar komponen tersebut :

Komponen Use Case Diagram


1. Aktor

Aktor adalah komponen yang menunjukan himpunan dari peran atau pengguna yang berinteraksi dengan sebuah sistem. Biasanya aktor ini diperankan oleh seseorang, sekelompok, atau sebuah organisasi. Aktor memiliki peranan penting dalam sebuah sistem. Bisa dikatakan aktor ini adalah peran utama yang ada di dalam sistem.

2. Dependency

Dependency adalah komponen yang menunjukan hubungan perubahan yang terjadi dalam sebuah komponen yang ada pada sebuah sistem , Depedency akan mempengaruhi komponen lain yang terhubung atau memiliki hubungan dengan komponen ini.

3. Generalization

Generalization menunjukan hubungan dari sebuah objek yang mana berbagi perilaku dan struktur data dari objek lain yang berada diatasnya, atau disebut dengan objek induk.

4. Include

Include menunjukan bahwa seluruh use case merupakan fungsionalitas dari use case lainnya. Bisanya include berhubungan dengan data yang mengikuti sebuah use case.

5. Extend

Extend menunjukn bahwa suatu use case merupakan tambahan fungsional dari use case lainnya jika suatu kondisi terpenuhi. Perbedaannya dengan Include adalah sebuah extend dapat berdiri sendiri tannpa komponen yang ada sebelumnya.

6. Assocation

Assocation adalah komponen yang menghubungkan antara satu objek dan objek lain yang terhubung. Assocation ditandai dengan symbol panah dengan ujung segitiga seperti busur panah.



7. System

System adalah komponen yang menunjukan sebuah sistem terbatas yang ada di dalam sebuah sistem. System disini adalah sepaket sistem utuh dan terbatas.

8. Use Case

Use Case adalah komponen yang menunjukan sebuah aksi yang dilakukan sebuah aktor terhadap aktor lainnya. Use Case digambarkan dengan simbol elips.

9. Collaboration

Collaboration adalah elemen yang menandakan sebuah aturan interaksi dari beberapa elemen yang saling bekerjasama atau berkolaborasi untuk menyediakan perilaku atau aksi yang lebih besar dari jumlah dan elemen-elemennya.

10 Note

Note adalah elemen fisik  yang menunjukan saat aplikasi dijalankan dan menandakan suatu sumber daya komputasi.


Contoh Penggunaan Use Case Diagram


Contoh penggunaan dari use case diagram disini adalah penggunaanya dalam Peminjaman Buku Perpustakaan. Jadi kita akan membuat use case diagram dari sistem peminjaman buku di perpustakaan, software yang akan kita gunakan disini adalah menggunakan software StarUML.
Berikut penggunaanya :


1. Untuk membuat use case diagram dari peminjaman buku di perpustakaan kita terlebih dahulu harus membuka StarUML dan tampilan awal dari StarUML adalah seperti berikut
tampilan awal starUML 

2. Kemudian pilih menu Model kemudian pilih Add Diagram dan pilih Use Case Diagram, maka pada bagian kiri  bawah akan muncul simbol-sombol yang digunakan pada use case diagram , seperti berikut
komponen use case diagram



3. Untuk membuat Use Case Diagram peminjaman buku perpustakaan kita akan menggunakan simbol :
  • Aktor 
  • Use Case 
  • Extend 
  • Incude 
  • Association  
  • Directed Association 
4. Kemudian susun seperti gambar berikut :
use case diagram peminjaman buku perpustakaan

Penjelasan


1. Pertama pengunjung melakukan login
2. Pengunjung melakukan pencarian buku dan setelah mendapatkan buku yang di inginkan pengunjung melakukan peminjaman
3. Ketika melakukan peminjaman pengunjung akan memasukan data peminjaman yang kemudian akan di olah oleh admin
4. Admin akan mengolah data buku, data peminjaman , buku, dan peminjaman
5. Buku diterima oleh pengunjung dan admin mecetak laporan peminjaman
6. Ketika pengunjung akan melakukan perpanjangan peminjaman buku , semua data pada peminjaman yang telah dilakukan sebelumnya akan kembali diolah oleh admin dan kembali mencetak laporan
7. Jika pengunjung hendak mengembalikan buku, pengunjung langsung mengembalikan buku dan admin akan mengolah data pengembalian
8. Setiap proses baik peminjaman , perpanjangan , atau pengembalian selalu diawali dengan login dan diakhiri dengan logout



Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Use Case Diagram dan contoh penggunaanya , semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan bisa dijadikan untuk refrensi belajar.