Perbedaan Website dan Blog yang Jarang Kita Ketahui

Perbedaan Website dan Blog yang Jarang Kita Ketahui
Perbedaan Website dan Blog yang Jarang Kita Ketahui

Perbedaan Website dan Blog yang Jarang Kita Ketahui

Sekarang ini, perkembangan teknologi dan informasi begitu sangat cepat. Semua orang membutuhkan informasi baru setiap harinya. Banyak diantara mereka yang beralih ke media digital untuk menemukan informasi tertentu yang hendak mereka cari.

Sobat juga pasti merasakan , bahwa kebanyakan orang memilih menemukan informasi melalui media digital seperti Website, Blog , Sosial Media, dll. Jika dulu ketika sobat butuh sebuah informasi, sobat menggunakan media cetak seperti majalah dan koran sebagai refrensinya, untuk sekarang ini sudah mulai ditinggalkan.

Kebutuhan informasi digital yang sangat besar, mengharuskan adanya sumber atau media yang memberikan informasi yang berjumlah besar pula. Menghadapi masalah tersebut maka munculah banyak Website dan Blog bermunculan menawarkan konten atau artikel yang dibutuhkan para pembaca.

BACA JUGA : Cara Menganalisa Persaingan Kata Kunci (Keyword) Supaya Masuk Halaman Pertama Google


Pada kesempatan kali ini, kita hendak membahas suatu pembahasan yang saya rasa sangat menarik untuk kita diskusikan bersama. Kadang orang awam atau orang yang tidak terlau mengikuti perkembangan teknologi dan informasi , mereka bingung dengan perbedaan antara sebuah Website dan Blog.

Sobat pasti sangat sering berselancar di internet dan menemukan banyak Website dan Blog ada di mesin pencaharian yang sobat gunakan. Tapi tahukah sobat mengenai perbedaan dari keduanya ?. Sobat bisa mengamati dan menarik kesimpulan bahwa ternyata memang antara Website dan Blog itu berbeda, sekarang kita langsung saja simak perbedaan dari Website dan Blog.

 Perbedaan Website dan Blog :


1. Menurut Pengertiannya

Pertama yang akan kita tinjau adalah perbedaan antara Website dan Blog dari sisi arti atau pengertian. Seperti yang di kutip dari Wikipedia, Website adalah suatu hubungan web yang saling berhubungan dan berisikan kupulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok atau organisasi.

Sedangkan Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web

2. Konten Yang Dibahas

Sebuah website biasanya memberikan sebuah informasi mengenai suatu produk, organisasi, kelompok yang berkaitan dengan website tersebut, misal website Komunitas Vespa maka informasi yang ada atau diberikan di website tersebut semuanya menyangkut atau berkaitan dengan komunitas tersebut.

Sedangakan Blog dapat berisi berbagai macam informasi atau konten. Sebuah blog seperti sebuah majalah digital yang memberikan informasi secara universal yang tidak hanya membahas mengenai produk, organisasi, atau kelompok yang berkaitan saja. Sebuah tulisan atau konten dalam blog disebut dengan nama postingan.

BACA JUGA : Cara Membuat Artikel 100% SEO untuk Blog

3. Tata Bahasa Yang Digunakan

Bahasa yang digunakan pada informasi di Website dan Blog sangatlah berbeda. Biasanya tata bahasa dalam sebuah informasi yang ditulis di Website memiliki tata bahasa yang formal dan menggunakan kata yang baku dan ejaan sesuai EYD.

Berbeda dengan Website , Blog menggunakan tata bahasa yang informal pada informasi yang ditulisnya. Tata bahasa yang lebih sederhana seperti halnya pada tata bahasa yang digunakan saat ngobrol sehari-hari membuat informasi pada blog biasanya lebih terasa hidup atau interaktif.

4. Kodingan 

Ketika sobat memiliki sebuah blog dan bertindak sebagai publisher atau pengurusnya, sobat tidak dituntut atau tidak harus menguasai sebuah bahasa pemrograman atau pengkodean. Sobat hanya membutuhkan sebuah template blog dan sobat sudah bisa menulis artikel pada blog sobat.

Berbeda dengan Blog, untuk membangun sebuah website , sobat harus mahir dan paham mengenai bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun website tersebut. Seperti HTML, CSS, PHP, JAVASCRIPT, dll.

5. Daftar Konten (Navigasi Konten)

Ketika sobat melihat sebuah website sobat dapat perhatikan , jarang website yang menerapkan krnologi dari konten di dalam website tersebut. Konten yang ada tidak tersusun secara kronologi atau bisa dikatakan tidak ada navigasi konten dalam sebuah website.

Berbeda dengan Website , coba sobat perhatikan sebuah blog, biasanya akan menampilkan kronolgi konten yang ada didalmnya. Kronologi atau navigasi tersbut bisanya ditampilkan dalam Kategori Konten, Related Post,Recent Post, atau Popular Post. Navigasi ini sangat memudahkan pembaca untuk menemukan artikel yang hendak mereka cari, dan pastinya blog akan terlihat lebih interkatif dengan pengguna daripada website.

6. Homepage

Tampilan Homepage dari sebuah website akan menampilkan mengenai informasi dasar dari produk, kelompok, organisasi yang terkait dengan website tersebut.

Sedangkan homepage sebuah blog akan menampilkan daftar postingan terbaru yang baru saja ditulis pada blog tersebut. Selain itu biasanya terdapat widget yang mendukung homepage blog itu seperti widget Popular Post.

7. Penilaian

Untuk menentukan nilai atau rating dari sebuah blog bisanya dilihat dari trafik atau performa blog tersebut. Banyaknya visitor yang hadir mengunjungi blog ,kecepatan blog, navigasi blog, SEO on page blog, menunjukan kualitas dari sebuah blog. Semakin baik nilai dari semua kriteria tadi maka akan semakin tinggi pula nilai atau rating dari sebuah blog.

BACA JUGA : Cara Mengoptimalkan Kecepatan Loading Pada Blog


Berbeda dengan blog , website sama sekali tidak dipengaruhi penilaian seperti yang ada disebuah blog, yang terpenting dapat memberikan informasi mengenai produk yang hendak ditawarkan itu sudah cukup.

8. Interaksi dengan Pengguna

Ketika sobat mengunjungi sebuah artikel pada blog, biasanya di akhir artikel akan terdapat kolom komentar, sobat bisa memberikan masukan atau kritikan dari konten yang ada di blog itu sesuai dengan penilaian sobat. Selain itu blog juga biasanya menyediakan informasi kontak yang dapat dihubungi oleh pengunjung. Hal seperti itu yang membuat blog memiliki interaksi dengan pengguna yang lebih baik daripada website.

Berbeda dengan blog, website bisanya hanya memberikan informasi kontak admin yang dapat dihubungi pengunjung, selain itu kebanyakan website tidak menyediakan kolom komentar kalaupun ada biasanya harus membutuhkan persetujuan admin terlebih dahulu

 BACA JUGA :  Penyebab Visitor Blog Turun dan cara Mengatasinya

9. Search Engine

Kerika sobat mencari sebuah informasi menggunakan search engine seperti Google, sobat bisa lihat kebanyakan yang muncul adalah blog dibandingkan website. Karena website memiliki pencarian yang terbatas yang disebabkan kebanyakan website bersifat statis.

Nahh itulah beberapa perbedaan dari Website dan Blog yang mungkin jarang sobat ketahui, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan pengetahuan baru dan bermanfaat bagi kita semua.