Tips Menghindari Pengaruh Negatif Radiasi Komputer terhadap Mata Anda

Tips Menghindari Pengaruh Negatif Radiasi Komputer terhadap Mata Anda
Tips Menghindari Pengaruh Negatif Radiasi Komputer terhadap Mata Anda

Menghabiskan selama berjam-jam untuk duduk menatap layar komputer sangat melelahkan. Tapi mau gimana lagi ,memang sudah menjadi keharusan bagi kebanyakan orang yang bekerja dengan menggunakan perangkat komputer. Begitu pula dengan pelajar, melakukan pembelajaran dengan media perangkat komputer selama berjam-jam selalu mereka lakukan setiap hari.

Tahukah sobat hal seperti itu sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh dan mata sobat. Gelombang elektromagnetik yang keluar dari komputer bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan kita. Radiasi yang mengenai mata dan tubuh kita dapat memberikan atau menimbulkan penyakit pada tubuh.

BACA JUGA : Macam - Macam Software Microsoft Office Beserta Fungsi-Fungsinya


Pekerjaan dan belajar dengan menggunakan komputer memang sudah tidak bisa dihindari, namun ada baiknya kita melakukan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari efek buruk dari radiasi atau gelombang elektromagnetik yang timbul dari komputer.

Berikut beberapa tips berikut dapat sobat praktekan untuk menjaga kesehatan tubuh sobat dari efek negatif radiasi komputer :

Tips Menghindari Pengaruh Negatif Radiasi Komputer terhadap Mata Anda 


1. Mengatur Jarak Pandang

Ketika sobat menggunakan komputer , perhatikanlah jarak pandang mata sobat terhadap monitor. Aturlah jarak pandang sobat , jangan terlalu dekat dan jang pula terlalu jauh, aturlah sesuai dengan posisi nyaman sobat. Biasanya jarak pandang terbaik yang aman antara posisi mata dan monitor adalah sekitar 60 cm.

2. Mengatur Pencahayaan Monitor 

Untuk menjaga kesehatan mata sobat, aturlah pencahayaan monitor sobat dengan baik. Sesuaikan juga pencahayaan pada siang atau malam hari. Atur juga kontras dan kehangatan warna agar sesuai dan enak untuk digunakan dan yang terpenting aman buat kesehatan mata sobat.

3.Perhatikan Penerangan Sekitar

Salah satu faktor yang merusak kesehatan mata sobat adalah penerangan yang ada disekitar sobat. Jika sobat bekerja di depan komputer pada malam hari, perhatikan juga penerangan yang ada di sekitar , jangan gunakan lampu yang terlalu terang yang bisa membuat mata tegang dan pastinya berdampak buruk pada mata sobat.

BACA JUGA :  Inilah Kelebihan dan Kekurangan Linux Dibanding OS lainnya

4.Menyesuaikan Warna Dan Huruf

Pernah tidak sobat merasa tidak nyaman ketika menggunakan komputer dan memiliki font yang tidak nyaman untuk di baca , aturlah font yang standar saja yang menambah kenyamanan sobat. Jangan gunakan font yang terlalu membingungkan untuk di baca. Selain jenis font perhatikan juga warna font , gunakan warna yang bisa membuat sobat nyaman ketika sobat baca.

5. Mengistirahatkan Mata

Perhatikan telah berapa lama sobat berada di depan layar komputer. Istirahatkanlah sejenak mata sobat. Hal ini sangat membantu menjaga mata sobat dari efek negatif layar komputer. Setelah mungkin berada sekitar 2 jam depan layar komputer , istirahatkanlah sekitar 15-30 menit mata anda.

6. Gunakan Kacamata

Bagi sobat yang mungkin telah terkena efek negatif layar monitor, gunakanlah kacamata untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada mata anda.

BACA JUGA : 10 Jenis Bidang Pekerjaan yang Populer di Dunia IT


Itulah beberapa tips yang dapat sobat praktekan untuk menghindari pengaruh negatif radiasi komputer pada kesehatan sobat, semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan sobat