Cara Tercepat dan Termudah Burning File ke CD

Cara Tercepat dan Termudah Burning File ke CD
Cara Tercepat dan Termudah Burning File ke CD

Cara Tercepat dan Termudah Burning File ke CD
Cara Tercepat dan Termudah Burning File ke CD 

Data atau file adalah elemen penting dalam kehidupan kita kali ini. Perkembangan teknologi informasi yang begitu sangat cepat mengharuskan pemakai atau pengguna informasi harus paham atau setidaknya tahu mengenai perkembangan tersebut. Melakukan Burning File ke dalam CD adalah salah satu bentuk kemudahan bagi kita untuk menyimpan atau mencadangkan file.

Bagi kalian mahasiswa pasti pernah disuruh dosen untuk mengumpulkan tugas dalam bentuk SoftCopy (File) dan salah satu media penyimpanan yang paling sering digunakan adalah CD (Compact Disk). Walaupun sekarang ini sudah banyak media penyimpanan yang lebih bagus seperti flashdisk, tetapi kebanyakan dosen meminta mahasiswanya untuk menyalin file tugasnya kedalam CD.

Lalu apa yang harus kita lakukan ketika hendak menyalin file tersebut kedalam CD. Kita akan mengenal istilah Burning . Secara kasar Burning artinya membakar, dalam hal ini membakar file kita kedalam media penyimpanan fisik berupa CD.

BACA JUGA :  Cara Memperbaiki Baterai Laptop 0 available (Plugged in) dengan Mudah dan Cepat


Sobat pasti telah banyak mengenal mengenai software yang berperan atau memiliki fungsi spesifik untuk menangani proses burning. Seperti NERO, PowerISO, ImgBurn dan masih banyak software lain lagi.

Tapi tahukah sobat ada cara yang kami anggap mudah, cepat, dan paling efektif untuk menangani proses burning. Kita akan membaginya kedalam dua kategori. Yang pertama adalah melakukan burning file kedalam CD dengan menggunakan Software pihak ketiga, dan opsi yang kedua adalah tanpa software tambahan apapun.

Kenapa kami bagi kedalam dua kategori seperti diatas ?. Karena pasti keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Melakukan burning dengan atau tanpa software tambahan pasti akan berbeda baik itu dari segi proses maupun hasilnya.

Baik mari kita bahas mengenai cara kerja dari kedua cara tersebut. Dan mari kita langsung praktekan bersama .

Burning CD Tanpa Software 

Untuk cara yang pertama sobat dapat memanfaatkan fitur bawaan dari Windows yang sobat miliki. Disini kami menggunakann Windows 10. Caranya cukup mudah dan bisa terbilang sangat cepat. Berikut urutan langkah dalam melakukan burning file ke CD tanpa software :
  1. Pertama sobat siapkan satu keping CD kosong (space yang cukup).
  2. Masukan kepingan CD ke CD Room pada laptop atau PC sobat.
  3. Setelah terdeteksi , silahkan sobat buka directory CD-nya.
  4. Karena CD dalam keadaan kosong dan baru pertama kali dimasukan, maka akan muncul jendela yang menampilkan opsi untuk menggunakan CD tersebut sebagai USB Flash Drive atau sebagai CD/DVD player. 
  5. Silahkan sobat pilih CD/DVD.
  6. Kemudian lihat pada directory CD masih dalam keadaan kosong.
  7. Copy file yang mau di burning kedalam directory CD tadi.
  8. Paste pada directory CD.
  9. Klik kanan pada filenya, kemudian pilih Burn To Disc.
  10. Akan muncul jendela baru, atur disc title dan kecepatan dari rrecordingnya sesuai keinginan sobat. Kemudian Next
  11. Tunggu sampai proses selesai
  12. Selesai
BACA JUGA : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word Dengan Mudah dan Cepat

Burning CD dengan menggunakan Software 

Setelah pada cara diatas kita telah mengetahui cara burning tanpa software. Nahh pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai opsi kedua,yaitu dengan menggunakan Software.Software yang akan kita gunakan dalam proses ini adalah Nero Expess . Nero Express adalah perangkat lunak yang kami rekomendasikan untuk menangani permasalahan burning file ke CD. Nero Express memiliki tampilan antar muka yang sederhana dan menarik sehingga pengguna akan lebih mudah dan nyaman dalam menggunakan software ini. Berikut langkah-langkah yang dapat sobat praktekan untuk melakukan proses Burning  file kedalam CD :

  1. Download Software Nero Express di situs resminya dan install 
  2. Masukan CD kosong kedalam CD Room sobat
  3. Buka software Nero Express
  4. Pada tampilan utama ,pilih kompilasi data
  5. Pilih tipe disk yang akan sobat proses
  6. Pilih menu disc content, klik Add
  7. Pilih file dan folder yang mau sobat burning, clik close
  8.  Pada disc content windows akan muncul file yang sobat pilih tadi
  9. Klik Next
  10. Pilih menu disc label
  11. Jika sobat hendak memberi label pada CD sobat silahkan isikan labelnya , jika tidak hilangkan tanda centang pada kotak print label, klik next
  12. Pada final burn setting,pilih perekam yang sobat gunakan (CD/DVD), tambahkan nama disknya
  13. Pilih jumlah copyan file yang hendak di burning
  14. Centang  data verification feature
  15. Klik Burn
  16. Selesai
BACA JUGA : Cara Membuat Daftar Pustaka yang Baik dan Benar, Menggunakan Ms Word mudah dan cepat


Nahh itulah sob, pembahasan kita kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu sobat yang memiliki permasalahan serupa dan semoga bermanfaat bagi kita semua .