Cara Mudah Menghilangkan Background Gambar di Android

Cara Mudah Menghilangkan Background Gambar di Android
Cara Mudah Menghilangkan Background Gambar di Android
Cara Mudah Menghilangkan Background Gambar di Android

Setelah sekian lama tidak update, alhamdulillah blog ini kembali aktif dan akan selalu berupaya menyuguhkan konten setiap harinya untuk sobat semua.
Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu tutorial atau cara yang sangat serinakali ditanyakan oleh orang awam dibidang ini, yaitu mengenai cara untuk menghilangkan atau menghapus gambar yang tidak perlu di bagian background pada sebuah foto atau gambar.


Teknik penghilangan background pada sebuah foto ini, sering digunakan untuk sebuah foto yang akan dibuat dalam bentuk format  .png atau icon
Selain itu teknik ini juga sering digunakan untuk kebutuhan drag and drop foto yang akan di import pada foto lain sesuai kebutuhan.
Jika sobat semua sedang mengalami masalah tersebut atau hanya sekadar ingin tau mengenai cara mudah untuk menghilangkan background pada sebuah foto, sobat berada pada artikel yang tepat,mari kita bahas.

Keuntungan dengan cara ini :
1. Mudah
2. Cepat
3. Langsung save ke galery

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, sobat hanya perlu menginstal satu aplikasi yang bernama "Penghapus Latar Belakang (Background Eraser)".

Sobat bisa mendownload aplikasi ini di playstore dan telah disediakan gratis.
Silahkan sobat download aplikasi tersebut dan silahkan sobat buka aplikasinya.

Dan berikut tampilan awal dari aplikasi tersebut.

Sobat pilih " Load a Photo" Pada kolom yang tersedia dan pikih foto yang hendak sobat hilangkan backgroundnya.
Setelah dipilih, kemudain sobat diminta untuk melakukan croping ,pada langkah ini sesuaikan sesuai dengan kebutuhan sobat.
Maka tampilannya akan seperti ini.


Kemudian pada pilihan tool bagian bawah sobat pilih tool yang bernama "Magic" , dan sesuaikan ukuran atau sizenya sesuai kebutuhan sobat.

Gerakan tool tersebut pada foto sobat, lakukan seleksi pada background foto yang hendak dihilangkan. Salah satu keuntungan jika sobat menggunakan tool ini adalah tool magic akan otomatis melakukan seleksi pada bagian yang sobat tunjukan dan hasil seleksi tersebut akan sangat rapih.

Lakuakan seleksi serapi mungkin, untuk bagian yang dirasa sulit untuk diseleksi sobat bisa ubah size magic ke ukuran hang lebih kecil kemudian zoom juga gambar supaya detailnya lebih bisa di seleksi.

Berikut contoh hasil seleksi.


Jika sudah selesai silahkan sobat pilih centang "done" ,pada bagian kiri atas. Maka sobata akan dialihakan pada form untuk mengatur tingkat smoth atau kelembutan dari gambar. Pilihlah tingkatnya sesuai kebutuhan sobat. Jika dirasa telah selesai silahkan klik save. (JPEG). Maka akan otomatis tersave dan sobat bisa melihat hasilnya di gelari.

Dan berikut hasilnya

Nahh itulah sob cara cepat untuk menghilangkan background foto di android dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua dan bisa menambah ilmu juga tentunya. Terima kasih